Tribun Bisnis

Maskapai Diminta Optimalkan Slot Time Penerbangan untuk Bertahan di Tengah Pandemi

dengan mengaktifkan kembali rute yang sempat tidak beroperasi dan optimalisasi slot time dapat menjadi upaya untuk bertahan di tengah pandemi

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Sanusi
Maskapai Diminta Optimalkan Slot Time Penerbangan untuk Bertahan di Tengah Pandemi
dok.Kemenhub
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menggelar pertemuan di Kantor Pelindo II (IPC), Jakarta, Kamis (15/4). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan, di tengah pandemi Covid-19 ini maskapai penerbangan dapat mengoptimalkan slot time dan juga mengaktifkan rute domestik yang sempat tidak beroperasi.

Menurutnya, dengan mengaktifkan kembali rute yang sempat tidak beroperasi dan optimalisasi slot time dapat menjadi upaya untuk bertahan di tengah pandemi Covid-19 ini.

Baca juga: DPR Desak Pemerintah Segera Berikan Insentif Maskapai Penerbangan di Indonesia

Selain itu Budi Karya juga mendorong adanya kolaborasi antara pemangku kepentingan di sektor penerbangan, melalui digitalisasi serta pengembangan bisnis non-aeronautika sebagai strategi bertahan di tengah pandemi.

"Melalui strategi ini, tentunya industri penerbangan bisa menambah pendapatan dan menetralisir tekanan terkait arus kas," kata Budi Karya dalam keterangannya, Jumat (16/4/2021).

Baca juga: Mengenal Trigana Air, Maskapai yang Pesawatnya Tergelincir di Bandara Halim Perdanakusuma Hari Ini

Dalam memulihkan bisnis penerbangan di tengah pandemi, lanjut Budi, pemerintah saat ini telah melakukan proses vaksinasi nasional untuk para petugas transportasi yang menjadi upaya dalam pemulihan.

"Pemerintah melakukan vaksinasi nasional, untuk para pilot, pramugari atau pramugara, petugas ground handling, petugas maskapai hingga petugas bandara," ujar Budi.

Vaksinasi untuk petugas moda transportasi udara ini, menurut Budi, juga menjadi salah satu cara untuk mencegah penyebaran Covid-19 di sektor penerbangan yang dimana petugas ini kerap bersentuhan dengan masyarakat.

"Meski telah dilakukan vaksinasi, saya minta penerapan prosedur protokol kesehatan mulai dari keberangkatan, pada saat perjalanan dan saat tiba di kedatangan tetap dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19," kata Budi Karya.

Menjaga protokol kesehatan ini, ungkap Budi, tentunya sebagai upaya dalam menjaga layanan transportasi yang aman, nyaman dan juga sehat.

  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas