Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Adaptasi Digital, Toko Bahan Kue Asal Malang Kian Laris di Masa Pandemi

Susan melakukan adaptasi digital, yakni dengan beralih berjualan dari offline ke online melalui platform e-commerce Shopee

Adaptasi Digital, Toko Bahan Kue Asal Malang Kian Laris di Masa Pandemi
IST
 Orderan toko Susandewiksu, toko bahan kue asal Malang. 

TRIBUNNEWS.COM - Pandemi Covid-19 jadi pukulan telak bagi para pelaku UMKM. Namun, di balik itu, terdapat hikmah berupa percepatan adaptasi digital yang justru mendorong para pelaku UMKM untuk melangkah lebih jauh dalam mengembangkan bisnisnya.

Seperti yang dilakukan Susan Dewi, pemilik toko online master bahan kue Susandewiksu di Malang, Jawa Timur.

Ia melakukan adaptasi digital, yakni dengan beralih berjualan dari offline ke online melalui platform e-commerce Shopee, yang diakui membuatnya jadi lebih kreatif memasarkan produk.

Meski mengawali usaha toko bahan kue tanpa memahami digitalisasi bisnis, wanita yang hobi membuat kue serta lulusan jurusan food science ini terdorong untuk membuka bisnis online. Inspirasi tersebut juga mendapat dukungan dari suaminya yang bekerja di bidang digital marketing,

“Kesempatan yang ada harus dilanjutkan dengan taking action yaitu kita mencobanya. Di awal memulai bisnis, kami tidak ada nama toko akhirnya suami mendaftarkan atas nama saya susandewiksu. Boleh dibilang nama tokonya asal, tetapi luar biasa saya berterima kasih dengan Shopee dapat membantu kami yang awalnya buta teknologi menjadi gajah dalam waktu singkat menurut penilaian para supplier kami,” ujarnya.

Baca juga: Hai Newbie! Begini Tips dan Trik Berjualan di Shopee agar Dilirik Pembeli

Berkat digitalisasi bisnis yang dilakukannya pula, Susan mengungkapkan, usaha bahan kue yang sudah dimulainya sejak 4 tahun lalu ini dapat bertahan di tengah pandemi.

Baca juga: Ramadan, Blibli.com Gulirkan 2 Kategori Baru Fashion Muslim dan Perhiasan Emas-Logam Mulia

Bahkan, tak cuma sekadar bertahan. Pertumbuhan pendapatan Susandewiksu sendiri berhasil meningkat lebih dari 2 kali lipat di tahun 2020 dibanding tahun sebelumnya di 2019.

Totalitas berbisnis berbuah laris manis

Keseriusan Susan dalam menjalankan bisnis ditunjukkannya dengan menjadikan toko Susandewiksu sebagai mata pencaharian utama, bukan lagi sekadar sampingan.

“Bisnis yang dilakukan dengan pola pikir sampingan, maka hasilnya pun juga akan sampingan.” Begitu ia berujar.

Baca juga: Tokopedia Kembali Luncurkan Program Loyalitas ‘TokoPoints’

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Yulis
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas