Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Bankir CIMB Niaga: Literasi Keuangan Perlu Diperkenalkan ke Anak-anak Sejak Dini

CIMB Niaga memberikan perhatian besar terhadap program literasi keuangan sejak dini termasuk di masa pandemi Covid-19.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Bankir CIMB Niaga: Literasi Keuangan Perlu Diperkenalkan ke Anak-anak Sejak Dini
Istimewa
Sepanjang 2020/2021 ini, Program Literasi Keuangan CIMB Niaga akan diselenggarakan di 20 kota yang terdiri dari 11 kota untuk kegiatan Ayo Menabung dan Berbagi (AMDB). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemahaman yang baik tentang keuangan dan perbankan di era sekarang makin dibutuhkan dan pemahaman tentang literasi keuangan sebaiknya diberikan sejak dini pada anak-anak usia sekolah.

"Harapannya agar anak-anak dapat mulai membiasakan menabung dan berbagi sebagai bekal untuk masa depan,” kata Direktur Compliance, Corporate Affairs and Legal CIMB Niaga Fransiska Oei  saat dalam Akuntabilitas Program Literasi dan Inklusi Keuangan CIMB Niaga Tahun 2020 dan Launching Tahun 2021 yang diselenggarakan secara online di Jakarta, Jumat (29/1/2021).

CIMB Niaga memberikan perhatian besar terhadap program literasi keuangan sejak dini termasuk di masa pandemi Covid-19.

Dia memaparkan, sepanjang 2020/2021 ini, Program Literasi Keuangan CIMB Niaga akan diselenggarakan di 20 kota yang terdiri dari 11 kota untuk kegiatan Ayo Menabung dan Berbagi (AMDB).

11 kota itu adalah Jakarta, Sukabumi, Yogyakarta, Kudus, Pekalongan, Surabaya,  Pangkal Pinang,  Jambi,  Manado Makasar dan Balikpapan.

Baca juga: Tingkatkan Literasi Keuangan, Pluang Gandeng Chelsea Islan dan Hamish Daud Jadi Brand Ambassador

Sementara 9 kota untuk Tour de Bank (TDB) telah menjangkau 121 sekolah dan diikuti 10.411 siswa dari SD, SMP, hingga SMA yang tersebar di 54 kota di Indonesia.

BERITA REKOMENDASI

Jumlah siswa yang menjadi peserta program tersebut pada tahun 2020 naik 68% dibandingkan tahun 2019.

Baca juga: Gekrafs Dorong Kemenparekraf Optimalkan Literasi Ekonomi Kreatif 

Program Literasi Keuangan CIMB Niaga terdiri dari dua kegiatan.

Pertama, Ayo Menabung dan Berbagi (AMDB) yang akan diikuti siswa SMP dan SMA dengan materi tentang dunia perbankan dan perencanaan keuangan.

Baca juga: Genjot Penyaluran KPR, Bank Mandiri Gandeng Adhi Commuter Properti

Kedua, Tour de Bank (TDB) yang memperkenalkan perangkat perbankan dan beragam fungsi yang ada di dalamnya kepada para siswa SD.

Untuk memperluas inklusi keuangan, CIMB Niaga juga memberikan kesempatan kepada peserta  membuka Tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) dengan hadiah bantuan saldo rekening sebesar Rp100 ribu.

Tahun 2020 lalu berhasil dibuka 5.821 Tabungan SimPel bagi siswa-siswi peserta Program AMDB dan TDB.

Sejak 2020, CIMB Niaga memberdayakan 186 guru sekolah peserta AMDB dan TDB untuk mengikuti webinar literasi keuangan bertema Jurus Jitu Mengelola Keuangan.

Tahun ini CIMB Niaga melanjutkan kegiatan Webinar Literasi Keuangan untuk wilayah di pulau Sumatera dan sekitarnya, dimana untuk AMDB dilaksanakan di SMAN 1 Pangkal Pinang, SMKN 1 Pangkal Pinang, SMA & SMK Unggul Sakti Jambi dan SMPN 1 Jambi.

Sedangkan TDB berlangsung di Singapore Indonesian School Palembang, SD Ipeka Palembang dan SD Maitreyawira Palembang.

Kedua bentuk kegiatan-kegiatan tersebut merupakan perluasan program, sekaligus bentuk dukungan keberkelanjutan CIMB Niaga terhadap program Literasi dan Inklusi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas