Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Surge Targetkan Seluruh Stasiun KRL Jabodetabek Terknokesi Internet Lewat Jaringan Fiber

Surge mempercepat pengerjaan jaringan kabel fiber optik (fiberisasi) di sepanjang jalur kereta api di Pulau Jawa

Surge Targetkan Seluruh Stasiun KRL Jabodetabek Terknokesi Internet Lewat Jaringan Fiber
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Suasana penumpang yang akan menaiki kereta commuter line di Stasiun Tanah Abang Jakarta, Sabtu (19/9/2020). TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perusahaan ekosistem digital PT Sinergi Solusi Digital Tbk (Surge) mempercepat pengerjaan jaringan kabel fiber optik (fiberisasi) di sepanjang jalur kereta api di Pulau Jawa.

Surge telah menyiapkan belanja modal atau capital expenditure sebesar Rp 400 miliar di tahun ini. Modal tersebut di antaranya untuk mengoptimalkan fiberisasi di seluruh rangkaian jalur KRL Commuterline di Jabodetabek.

Chief Executive Officer WIFI Hermansjah Haryono mengatakan alokasi belanja modal tersebut difokuskan untuk menunjang kinerja perseroan secara stimulan. Selain itu, program-program lainnya juga gencar digarap untuk mendorong transformasi digital.

Baca juga: Mau Tahu Jangkauan Iconnect di Jabodetabek? Simak Harga dan Lokasinya

Salah satunya pembangunan fiber optik maupun pengembangan teknologi berbasis aplikasi bersama para partner dari Surge.

“Untuk saat ini Surge memperoleh capex dari pinjaman bank maupun laba ditahan perseroan. Perusahaan berencana untuk menggunakan alokasi dana capex ini untuk proyek fiberisasi yang bernilai sekitar Rp 350 miliar. Sumber dana itu merupakan penggabungan antara pinjaman dan suntikan ekuitas di anak perusahaan kami,” ujar Hermansjah dalam media luncheon di Jakarta, Kamis (10/6/2021).

Baca juga: Sama-sama Pelat Merah, Murah Mana Harga Paket Internet Iconnet dan IndiHome?

Surge juga membeberkan progres fiberisasi di sepanjang jalur KA. Induk perusahaan Linikini MacroAd itu tercatat sampai dengan akhir Mei 2021 telah menyelesaikan pembangunan fiber optik sepanjang 45 km sebagian ruas wilayah Jabodetabek dan Bandung Raya sebagai awal dari 2.800 km jalur pulau Jawa.

Surge juga tengah mengerjakan fiberisasi di jalur Stasiun Manggarai dan Stasiun Cikarang, dan jalur Stasiun Manggarai dan Stasiun Cawang yang saat ini dalam tahap penyelesaian.

"Kita akan optimalkan koneksi internet wifi fiber optik di beberapa stasiun yang saat ini sudah masuk tahap penyelesaian," jelas Hermansjah.

Bangun data center terpadu

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Fandi Permana
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas