Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Ngobrol Via Telepon dengan Menteri PUPR, Sandiaga Uno: Home Stay di Magelang Bisa Bangkitkan Ekonomi

Sandiaga Uno meyakini Home Stay yang sudah dibangun Kementerian PUPR di Kabupaten Magelang dapat membantu pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Ngobrol Via Telepon dengan Menteri PUPR, Sandiaga Uno: Home Stay di Magelang Bisa Bangkitkan Ekonomi
HANDOUT
Menparekraf Sandiaga Uno di Balkondes Tuksongo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (23/6/2021).  

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno meyakini Home Stay yang sudah dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Kabupaten Magelang dapat membantu pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Ini saya telepon dengan Menteri PUPR (Basuki Hadimuljono). Ada yang berterima kasih namanya Pak Sahir yang katanya diminta diselesaikan pada Desember 2020 dan sekarang gimana Pak, laporan Pak," ujar Sandiaga Uno di Balkondes Tuksongo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (23/6/2021). 

Salah satu warga bernama Sahir kemudian berbincang dengan Basuki Hadimuljono melalui handphone Sandiaga Uno.

"Alhamdulillah sehat Pak. Terima kasih atas kunjungan bapak menyelesaikan persoalan home stay. Terima kasih pak sudah selesai semuanya dengan baik. Dijanjikan selesai akhir Desember. Tapi ternyata bisa lebih cepat dan 13 Oktober sudah selesai," kata Sahir.

Baca juga: SMF Salurkan Pembiayaan Homestay untuk Bantu Pulihkan Sektor Pariwisata

Menteri PUPR Basuki kemudian menjawab dengan penuh akrab dan dengan logat Jawa yang kental. "Mudah-mudahan bermanfaat ya Pak. Ini lagi Covid-19 hati-hati ya," kata Basuki Hadimuljono.

Baca juga: Menteri Sandi Klaim Kegiatan Work From Destination Masih Boleh di Wilayah Zona Kuning

Sandiaga Uno menyebutkan, nantinya Kemenparekraf akan melengkapi homestay yang sudah dibangun  dengan berbagai fasilitas penunjang.

"Yang jalan nanti semoga bisa dimulai Agustus nanti dilaporkan teman-teman di lapangan di Purworejo. Homestay-nya sudah selesai tinggal kita lengkapi dengan furnitur seperti televisi, tempat tidur, dan perlengkapan lainnya, yang nanti akan kita sesuaikan setelah pelatihan ini," kata Sandiaga Uno.

Program Homestay tersebut digagas lintas Kementerian Lembaga termasuk PUPR dan sekarang dirampungkan dalam bentuk pelatihan untuk meningkatkan ketrampilan, pengelolaan agar ekonomi bergerak kembali, dan membuka lapangan kerja,

"Harapannya kunjungan wisatawan meningkat dengan penerapan protokol kesehatan yang disiplin dan ketat seperti semua menggunakan masker," kata Sandiaga Uno.

Ia menekankan pentingnya pelatihan tersebut karena masyarakat bukan hanya diajarkan membangun fisik tapi juga untuk mengelola.

"Ketrampilan masyarakat untuk menggunakan bukan hanya aspek digital dan online tapi juga segi menciptakan konten-konten kreatif, untuk mempromosikan," ujarnya.

"Saya yakin dengan pelatihan-pelatihan seperti ini adalah program yang tepat sasaran dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Ini adalah bagian dari program Kemenparekraf yang berkeadilan," ujar Sandiaga Uno

Penulis: Yulis
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas