Tribun Bisnis

Virus Corona

Produksi 3 Juta Masker per Bulan, Tiga Ikhwan Medikal Raup Rp 323 Miliar

Tiga Ikhwan Medikal perseroan memproduksi satu juta masker per bulan untuk setiap jenis masker

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Produksi 3 Juta Masker per Bulan, Tiga Ikhwan Medikal Raup Rp 323 Miliar
HO
Aktivitas produksi pembuatan masker di PT Tiga Ikhwan Medikal 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Perusahaan manufaktur alat kesehatan, PT Tiga Ikhwan Medikal mencatatkan penjualan yang signifikan di tengah pandemi covid-19.

Perseroan mencatatkan penjualan hingga Rp 323 miliar dari penjualan 3 jenis masker bernama 3iMed  yakni KN 95, KN 95 anak dan 3 ply.

"Untuk masker KN 95, mereka berhasil mencetak nilai penjualan Rp108 miliar pada tahun 2020,  lalu Rp 95 miliar untuk KN 95 anak dan Rp 120 miliar untuk tipe masker 3ply," kata Beny Ahmad CEO PT Tiga Ikhwan Medikal dalam webinar, Sabtu (10/7/2021).

Dikatakan Beny,  perseroan memproduksi satu juta masker per bulan untuk setiap jenis masker.

Baca juga: IBFN Optimistis Investor Baru Dorong Penyehatan Perseroan

"Segmen kami paling besar saat ini adalah profesional medis.

Masker kami juga digunakan oleh kementrian serta dinas kesehatan, rumah sakti daerah dan swasta terkenal,” ujar Beny.

Ayip Rosidi, Sales Manager PT Tiga Ikhwan Medikal mengatakan, saat ini pasar masker digempur dengan produk china dengan kualitas memperihatinkan, sedangkan produk kami dibuat dengan standar yang ketat.

Ayip mengatakan, produk masker mereka sudah mendapat sertifikat dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Kedua, Tingkat filtrasi bacterial filtration efficiencey (BFE) 3iMed juga mencapai 99,99%.

Ketiga, mereka juga sudah mendapatkan sertifikat halal dan keempat, produk ini juga mengimplementasikan ISO 9901 dam ISO kesehatan 13485.

“BFE kita udah 99,99%, berarti itu sudah aman untuk masker medis. Masker dengan daya tangkis nyaris 100% ini juga menggunakan bahan baku yang berkualitas untuk menghambat virus masuk ke mulut dan hindung.

KN 95 juga sudah mendapat izin edar dari kementerian kesehatan dan mengunakan bahan baku meltblownd sesuai dengan sertifikasi Nios USA,” kata  Ayip.

Ayip menambahkan baku untuk memproduksi masker 3iMed 95% diambil dari lokal.

“Vendor kami berasa dari Surabaya dan Jepara sehinga Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai 95%,” ujar Ayip.

Sementara itu Beny juga menambahkan saat ini, harga masker 3iMed di pasaran dijual dengan harga jualan eceran tertinggi Rp 9000dan harga eceran terrendah Rp7000.

“Produk ini bisa didapatkan di apotik di kota-kota besar. Produk ini juga sudah tersebar di seluruh Indonesia melalui jaringan distribusi PT Tiga Raksa Satria Tbk. melalui anak perusahaan mereka PT Sinbad Karya perdagangan.”

Karena permintaan retail yang tinggi, PT Tiga Ikwan Medikal  akan berkolaborasi dengan Tiga Raksa SatriaTbk untuk berimprovment dengan corak variasi dan dan corak warna, tentunya dengan tetap memperhatikan kualitas dan kaidah keselamatan.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas