Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Sandiaga Beberkan Kunci Entrepreneurship pada Generasi Muda untuk Kreatif dan Buka Lapangan Kerja

Generasi muda harus mengambil peran dalam ujung tombak pelaku usaha pencetak lapangan kerja seluas-luasnya

Sandiaga Beberkan Kunci Entrepreneurship pada Generasi Muda untuk Kreatif dan Buka Lapangan Kerja
dok. Kemenparekraf
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno dalam acara weekly press briefing, yang berlangsung secara hybrid, dari Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (2/6/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno membeberkan sejumlah kunci entrepreneurship atau wirausaha kepada generasi muda Indonesia agar bisa maju dan bertahan di masa pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Sandiaga Uno saat menjadi Virtual Keynote Speaker Pembekalan Calon Wisudawan Universitas Siliwangi 'Entrepreneurship bagi Generasi Milenial' pada Senin (26/7/2021).

"Saya seorang entrepreneur yang mendalami kewirausahaan di dunia nyata. Sebagai pebisnis tapi saya juga kembali menekuni S3 saya di Entrepreneurship juga yang baru saya selesaikan studi," ujar Sandiaga Uno.

Ia mengucapkan sukses, semoga dilancarkan kedepannya untuk para wisudawan dan wisudawati Universitas Siliwangi yang pada 27 Juli 2021 besok diwisuda.

Pandemi Covid-19 ini memaksa semua orang untuk meningkatkan ketrampilan, memaksa mereka untuk up-skilling dan re-skilling.

Baca juga: Sandiaga Uno Gandeng Raja Dangdut Rhoma Irama Kobarkan Semangat Lawan Covid-19

Sandiaga Uno mengungkapkan entrepreneurship bukan profesi melainkan mindset pipa pikir.

Pola pikir Entrepreneurship yang sudah dilaksanakan studi mendalam dalam beberapa jurnal ada tiga hal utama.

"Pertama itu inovasi dengan perbaikan, penyempurnaan, dari hal-hal yang sudah ada memberikan solusi di sekitar kita (Doing things better, faster, cheaper). Lebih cepat, lebih murah dan lebih baik. Kalau masih susah bisa inovasi menggunakan teknik ATM yakni Amati, Tiru, dan Modifikasi," jelas Sandiaga Uno.

Kedua kata Sandiaga Uno adalah orientasinya berani. Seorang pengusaha harus berani mengambil resiko dengan perhitungan yang matang.

"Ketiga adalah pro aktif, bergerak, bergerak, dan bergerak. Bukan kaum rebahan tapi menjadi agen perubahan. Itu adalah tiga orientasi Entrepreneurship," ungkap Sandiaga Uno.

Halaman
12
Penulis: Yulis
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas