Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Jakpro dan PGN Bangun Infrastruktur Gas Bumi di Wilayah Jakarta

PGN dan Jakpro beserta afiliasinya dalam rangka penyediaan energi gas bumi mapun utilitas lainnya di wilayah DKI Jakarta.

Jakpro dan PGN Bangun Infrastruktur Gas Bumi di Wilayah Jakarta
ist
PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) bekerjasama dengan Jakarta Propertindo (Jakpro) beserta afiliasinya dalam rangka penyediaan energi gas bumi mapun utilitas lainnya di wilayah DKI Jakarta. Kerjasama tersebut diawali dengan penandatanganan Head of Agreement (HOA) oleh Direktur Utama PGN M. Haryo Yunianto dan Direktur Utama Jakpro Dwi Wahyu Daryoto, serta disaksikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Kamis, (05/08/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) bekerjasama dengan Jakarta Propertindo (Jakpro) beserta afiliasinya dalam rangka penyediaan energi gas bumi mapun utilitas lainnya di wilayah DKI Jakarta.

Kerja sama tersebut diawali dengan penandatanganan Head of Agreement (HOA) oleh Direktur Utama PGN M Haryo Yunianto dan Direktur Utama Jakpro Dwi Wahyu Daryoto, serta disaksikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kamis (5/8/2021).

Baca juga: Gandeng PT PAL, PGN Tingkatkan Penguasaan Teknologi Pengelolaan Gas Bumi

Anies memandang penandatanganan HOA ini bukan sekedar kerja sama antara Jakpro dan PGN saja, tetapi sebagai titik awal membangun sebuah blueprint bagaimana energi dapat didistribusikan di Jakarta dalam periode yang cukup panjang.

“Pandanglah Jakarta sebagai suatu tempat untuk pendekatan baru dalam pengelolaan gas di sebuah kota. Jika di Jakarta sudah dilakukan, maka multiplikasi di tempat lain akan mudah," kata Anies.

Baca juga: PGN Ikut Kebijakan Kementerian ESDM Soal Proyek Transmisi Cirebon - Semarang

Pada kesempatan yang sama, Haryo menyatakan, sinergi ini untuk mewujudkan Jakarta sebagai provinsi yang ramah lingkungan dan menyediakan kemudahan akses energi yang semakin modern, aman, praktis, serta berkelanjutan.

Menurutnya, PGN dan Jakpro akan bekerjasama dalam menyediakan energi gas bumi untuk kawasan hunian, dan komersial di wilayah DKI Jakarta maupun sekitarnya.

Total potensi penyaluran gas untuk hunian dan komersial sebanyak 80 ribu sambungan yang akan mendapatkan energi gas bumi, baik melalui pengembangan jaringan pipa gas maupun menggunakan moda non pipa yaitu CNG.

Baca juga: PGN Optimalkan Peran Gas Bumi dalam Transisi Energi

“Jakpro dan PGN akan kerjasama dalam pembangunan utilitas bersama untuk proyek yang dikerjakan Jakpro di DKI Jakarta dan sekitarnya," ujarnya.

Diketahui, saat ini baru sekitar 15.086 sambungan rumah tangga di DKI Jakarta yang mendapatkan akses infrastruktur gas bumi.

Jumlah tersebut baru mengakomodir sekitar 7 persen apabila diperbandingkan dengan total jumlah bangunan hunian di DKI.

Ke depan, PGN dan Jakrpo akan memperluas kerja sama pemanfaatan infrastruktur SPBG bersama, selain untuk sektor transportasi juga dimanfaatkan penyediaan gas bumi bagi kawasan hunian, komersial di wilayah DKI Jakarta, dan sekitarnya.

Targetnya ada enam SPBG milik Jakpro yang dikelola anak usahanya yaitu jakarta utilitas propertindo (JUP) yang akan diutilisasi bersama.

“Penggunaan bersama SPBG oleh PGN dan Jakpro ini merupakan optimalisasi mother station di wilayah DKI Jakarta untuk supply gas bumi dengan moda non pipa," paparnya.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas