Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pemerintah Jabarkan Strategi Hidup Bersama Covid-19 yang Bermanfaat Secara Ekonomi

Siapkan strategi hidup berdampingan dengan pandemi, Menkes harap dapat menyeimbangkan antara hidup sehat dan hidup yang bermanfaat secara ekonomi.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Pemerintah Jabarkan Strategi Hidup Bersama Covid-19 yang Bermanfaat Secara Ekonomi
tangkap layar
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyiapkan strategi hidup berdampingan dengan pandemi Covid-19.

Menurut Menkes, upaya ini diharapkan dapat menyeimbangkan antara hidup sehat dan hidup yang bermanfaat secara ekonomi.

"Arahan Bapak Presiden perlu segera kami tindaklanjuti hidup bersama Covid-19 tetapi tetap menjalankan protokol kesehatan ketat," kata Budi, Selasa (24/8).

Baca juga: Aplikasi PeduliLindungi Jadi Syarat saat Lakukan Perjalanan, Penumpang Wajib Punya 

Budi menerangkan strategi pertama menyusun protokol kesehatan berbasis teknologi informasi yakni aplikasi peduli lindungi yang digunakan secara nasional.

Protokol kesehatan akan ditegakan mulai sektor perdagangan baik itu modern maupun tradisional maupun di moda transportasi darat, laut, udara.

Lalu protokol kesehatan di sektor kerja baik itu industri atau perkantoran, sektor pariwisata, pertandingan sepak bola, kuliner restoran hingga konser musik.

Tidak lupa juga protokol kesehatan di bidang pendidikan bagi pendidikan SD, SMP, SMA Universitas dan paling penting di acara atau hari keagamaan ritual-ritual keagamaan.

BERITA TERKAIT

"Nanti akan disusun protokol kesehatannya atas saran Bapak Presiden berbasis teknologi informasi berpusat pada aplikasi peduli lindungi. Kita ini membangun hidup bersama epidemi, dengan menyeimbangkan antara sisi kesehatan dengan sisi aktivitas ekonominya," tegas Mantan Dirut Bank Mandiri tersebut.

Baca juga: Warga Rela Datang Subuh Demi Vaksin Pfizer di Sentra Vaksinasi Covid-19 Mall Cilandak Town Square

Selanjutnya testing dan tracing tetap harus diperkuat baik yang suspek atau bergejala.

"Jadi bukan ke semua orang yang dites hanya karena mau melakukan aktivitas tertentu," imbuh Budi.

Menkes menambahkan pemerintah juga menyiapkan perawatan layanan primer seperti tempat isolasi dengan pengobatan-pengobatan dasar.

Upaya ini agar rumah sakit hanya diisi kasus-kasus penyakit kritis dan berat.

"Kami diminta untuk melakukan kajian, bagaimana bisa memfokuskan perawatan yang kritis, berat di rumah sakit dan juga mengurangi tingkat kematian yang relatif masih tinggi sekarang," jelas Budi.

Baca juga: Menteri Investasi: Realisasi Penanaman Modal Sektor Pariwisata Menurun Tajam Selama Pandemi

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (Hippi) Sarman Simanjorang mendukung rencana Pemerintah menyusun roadmap Hidup Bersama Corona.

Ia menilai roadmap ini akan mengatur berbagai aktivitas ekonomi dan masyarakat di enam sektor penting yakni perdagangan, perkantoran, transportasi, pariwisata, keagamaan, dan pendidikan.

“Ini antisipasi Pemerintah yang perlu kita apresiasi dan dukung karena kita tidak tau sampai kapan pandemi covid 19,apakah setahun, dua tahun atau lebih tidak ada yang mengetahui pasti,” tutur Sarman.

Baca juga: Mensos Risma Kaget Dapat Laporan Penyelewengan Bansos Setebal 1 Meter, Rekening Koran Jadi Bukti

Pihaknya juga mendukung langkah pemerintah mempersiapkan Pedoman Hidup Bersama Covid di mana aktivitas warga yang sudah divaksin dan belum divaksin akan diatur sehingga semua merasa aman dan nyaman.

“Kita dari pelaku usaha akan siap memberikan masukan, saran dan pandangan sehingga roadmap ini nantinya dapat diimplementasikan di lapangan dengan baik,” tuturnya.

Sarman menuturkan ikhtiar ini diharapkan dapat mempercepat pemulihan dan kebangkitan ekonomi nasional. (Tribun Network/ Reynas Abdila)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas