Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Kisah Inspiratif Asli Indonesia

Sepak Terjang Dede Kusnandar, Wujudkan Mimpi Kembalikan Indonesia Jadi Raja Rempah Dunia

Merupakan negara yang kayak rempah, Dede Kusnandar (35) bertekad untuk kembali membawa Indonesia menjadi raja rempah-rempah dunia.

Sepak Terjang Dede Kusnandar, Wujudkan Mimpi Kembalikan Indonesia Jadi Raja Rempah Dunia
Tribun Jabar/Cikwan Suwandi
Dede Kusnandar, Direktur Refa Rempah Mulia, memiliki cita-cita tinggi untuk mengembalikan Indonesia menjadi raja rempah-rempah dunia. 

TRIBUNNEWS.COM – Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alamnya yang melimpah. Salah satu sumber kekayaan alam Indonesia adalah rempah-rempah.

Berkat rempah-rempah, Indonesia jadi negeri tersohor di seluruh dunia. Bahkan, saking istimewanya, rempah-rempah hasil Indonesia jadi buruan utama para bangsa lain saat masa-masa kejayaannya dulu.

Terinspirasi dari hal tersebut, Dede Kusnandar (35) bertekad untuk kembali membawa Indonesia menjadi raja rempah-rempah dunia.

Awalnya, pada tahun 2016 lalu, Dede memutuskan untuk berhenti dari tempatnya bekerja. Ia memilih keluar dari perusahaan otomotif di Karawang demi mewujudkan mimpinya menjadi pengusaha rempah-rempah.

Bagaikan gayung bersambut, suatu hari ia ditawari untuk bekerja sama dengan temannya di dalam bisnis rempah-rempah.

"Saat itu saya ditawari kerja sama dengan teman saya untuk menyuplai rempah-rempah ke salah satu pabrik bumbu,” ungkap Dede.

Pada awalnya, ia mengalami kerugian yang sangat besar karena tidak bisa memenuhi ekspektasi dari perusahaan yang membutuhkan rempah-rempah hasil olahannya.

Mendirikan perusahaan sendiri

Demi merealisasikan cita-citanya, ia memulai dari sebuah langkah kecil, yaitu mendirikan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pada tahun 2018. Oleh karena itu, menuruti panggilan hatinya untuk menjadi pengusaha rempah-rempah, pria asal Karawang, Jawa Barat, ini mendirikan PT Refa Rempah Mulia.

Perusahaan miliknya tersebut didirikan pada tahun 2018 lalu. PT Refa Rempah Mulia sendiri bertempat di Desa Kedaung, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. 

Halaman
12
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas