Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Begini Upaya Kemenhub Cegah Varian Baru Covid-19 Mu Masuk Indonesia

Untuk mencegah varian baru Covid-19 Mu ini, dengan melakukan pengendalian transportasi yang melayani rute internasional

Begini Upaya Kemenhub Cegah Varian Baru Covid-19 Mu Masuk Indonesia
Tribun Jateng/Hermawan Handaka
ILUSTRASI - Sejumlah penumpang sedang menunggu jadwal penerbangan di ruang tunggu Bandar Internasional Ahmad Yani Semarang, Rabu (1/9/2021). (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan  (Kemenhub) melakukan konsolidasi internal dengan Kementerian Luar Negeri, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan, Satgas Covid-19, Ditjen Imigrasi dan pihak lainnya untuk menyiapkan langkah mencegah varian baru Covid-19 Mu masuk ke Indonesia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, untuk mencegah varian baru Covid-19 ini Kemenhub akan segera menyiapkan langkah antisipasi bersama dengan pemangku kepentingan.

"Salah satu langkah untuk mencegah varian baru Covid-19 Mu ini, dengan melakukan pengendalian transportasi yang melayani rute internasional," kata Budi Karya, Selasa (7/9/2021).

Pengendalian tersebut, lanjut Budi Karya, dengan memperketat pintu masuk internasional seperti bandara dan juga pelabuhan yang melayani rute ke luar negeri.

Baca juga: Cegah Varian Mu Masuk RI, Akses Bandara dan Pelabuhan Internasional Bakal Diperketat

"Maka dari itu, kami segera menggelar pertemuan untuk berkoordinasi dalam menentukan langkah pengendalian yang diperlukan dalam mencegah varian baru Covid-19 ini," ucap Budi Karya.

Baca juga: Epidemiolog: Booster Vaksin Diperlukan Mengantisipasi Penyebaran Varian Mu

Selain itu, Ia juga menyebutkan, Kemenhub juga akan melakukan koordinasi dengan TNI dan Polri untuk melakukan penjagaan, serta meminta pendapat para ahli epidemiologi, dan mencari informasi tentang pengalaman negara lain.

Baca juga: Apa Itu Varian Mu? Simak Ciri-ciri Varian Baru Covid Mu yang Berpotensi Kebal Terhadap Vaksin

"Kemudian kami juga akan berkoordinasi dengan operator sarana dan prasarana transportasi agar tetap konsisten menjalankan protokol kesehatan serta meningkatkan kewaspadaan terhadap adanya varian baru Covid-19," kata Budi Karya.

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kembali menambahkan varian terbaru dari Covid-19 bernama 'Mu' atau B.1.621.

Menurut laporan dari Washingtonpost.com pada Jumat (3/9/2021), varian Mu itu pertama kali ditemukan di Kolombia pada Januari lalu.

Kini varian terbaru Covid-19 itu telah ditemukan di 39 negara, di antaranya Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang, Ekuador, Kanada, dan sebagian negara-negara di benua Eropa.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas