Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Kisah Inspiratif Asli Indonesia

Angkat Derajat Produk Lokal, Half Footwear Buktikan Brand Regional Mampu Bersaing di Pasar Nasional

Rian ingin menunjukkan bahwa produk lokal, terlebih usaha regional, mampu memiliki kualitas dan bersaing di pasar nasional.

Angkat Derajat Produk Lokal, Half Footwear Buktikan Brand Regional Mampu Bersaing di Pasar Nasional
instagram/halffootwear
Produk sepatu dari brand lokal asal balikpapan, Half Footwear. 

TRIBUNNEWS.COM - Tak sedikit kalangan masyarakat Indonesia yang masih percaya pada stigma produk lokal belum memiliki kualitas yang dapat disejajarkan dengan berbagai produk impor dari luar negeri.

Padahal, produk-produk lokal buatan Indonesia banyak yang memiliki kualitas bagus. Terlebih, Menteri Perdagangan Muhammad Luthfi pun mengungkapkan saat ini produk Indonesia bukan lagi diciptakan hanya sebatas diproduksi, tetapi juga sudah memperhatikan sisi kualitasnya.

Hal ini pun turut ditunjukkan oleh Rian Macan, founder dari brand lokal asal Balikpapan, Half Footwear. Melalui merek sepatu lokal yang dimilikinya, Rian ingin menunjukkan bahwa produk lokal, terlebih usaha regional, mampu memiliki kualitas dan bersaing di pasar nasional.

Rian mengungkapkan bahwa ia memulai bisnis ini ketika di tahun 2018 dirinya menggemari produk sepatu lokal yang lebih dulu terkenal namun sulit untuk mendapatkannya karena peminat sepatu tersebut yang begitu banyak.

Maka dari itu, melihat potensi ini Rian pun tertarik untuk memiliki produk sepatu sendiri dan akhirnya membangun Half Footwear bersama dengan Han Wijayanto. 

Rian mengungkapkan bahwa produk sepatu lokal miliknya memang menargetkan konsumen pada segmen anak muda. Maka dari itu, tak heran jika harga produk yang dimilikinya pun terjangkau. 

Meskipun terjangkau, Half Footwear memiliki kualitas produk yang baik. Buktinya, Walikota Balikpapan, Rizal Effendi pun turut serta menggunakan produk sepatu miliknya. Tak hanya itu, Patudu Manik, juara ketiga ajang pencarian bakat Indonesian Idol musim kelima, juga turut menggunakan salah satu artikel sepatu Half Footwear yang dilabeli Divija Pro saat tampil di salah satu program TV.

“Sejak Walikota Balikpapan, Rizal Effendi, turut serta menggunakan sepatu kami, kini warga Balikpapan sudah mulai mengenal produk ini," ungkap Rian.

Hingga saat ini, Rian membeberkan bahwa Half Footwear sudah mengeluarkan 14 produk dengan harga mulai dari Rp225 ribu hingga Rp380 ribu. Sebagai pebisnis lokal, dirinya juga terus fokus untuk meluaskan jangkauan produk Half Footwear dengan perencanaan dan strategi yang mantap sehingga produk yang dimiliki mampu mendapat tempat di pasar nasional.

"Kami memutuskan untuk tetap fokus merambah pasar Balikpapan terlebih dahulu. Harapannya ketika produk kami sudah cukup dikenal oleh masyarakat Balikpapan, ini dapat menjadi pijakan selanjutnya bagi Half Footwear untuk bersaing di pasar nasional," ujar Rian.

Untuk terus mengembangkan produk yang dimiliki, Rian menjelaskan bahwa dirinya juga tengah memfokuskan untuk menggencarkan kolaborasi dengan generasi muda Balikpapan lainnya seperti dengan graffiti artist dan juga brand clothing lokal lainnya.

"Sejak awal, tujuan Half Footwear adalah kolaborasi antar generasi muda Balikpapan untuk maju bersama dan membuktikan bahwa kami pun bisa bersaing di industri kreatif skala nasional," tutup Rian.

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas