Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Di Indonesia Aja

Ini Dia 15 Produk Ekraf yang Sukses Go Global, Bukti Betapa Kerennya Jenama Lokal!

Dengan tiap ciri khas yang tak ada duanya, terdapat potensi sangat besar bagi jenama-jenama lokal untuk bersaing di pasar global.

BizzInsight
Ini Dia 15 Produk Ekraf yang Sukses Go Global, Bukti Betapa Kerennya Jenama Lokal!
Shutterstock
Ilustrasi produk ekraf lokal. 

TRIBUNNEWS.COM - Tahukah kamu, selain pariwisata, ekonomi kreatif (ekraf) juga jadi salah satu sektor penyumbang pendapatan domestik bruto (PDB) terbesar di Indonesia?

Melansir Kontan, Menparekraf Sandiaga Uno menyebutkan sektor ekonomi kreatif menyumbang Rp 1.100 triliun terhadap PDB Indonesia sepanjang tahun 2020. Dari 17 subsektor produk ekraf yang ada, tiga di antaranya jadi penyumbang terbesar pada PDB Indonesia, yakni fesyen, kuliner, dan kriya.

Tidak dapat dipungkiri, produk ekraf lokal memang memiliki keunikan tersendiri. Dengan tiap ciri khas yang tak ada duanya, terdapat potensi sangat besar bagi jenama-jenama lokal untuk bersaing di pasar global.

Yuk, kenalan dengan sederet UMKM lokal berprestasi yang mengharumkan Indonesia di kancah internasional! Berikut 15 jenama lokal dari kategori produk ekraf fesyen, kriya, serta kuliner yang berhasil tembus pasar dunia.

Jika penasaran, kamu bisa #BeliKreatifLokal dengan mengunjungi akun Instagram setiap jenama lokal atau membeli secara online melalui beragam platform digital. Atau, jika ingin mengetahui lebih banyak tentang produk ekraf yang ada #DiIndonesiaAja lainnya, yuk follow akun Instagram @pesonaid_travel!

Kategori fesyen: tetap modern meski bercorak tradisional!

Koleksi pakaian dari Shibotik.
Koleksi pakaian dari Shibotik. (https://www.instagram.com/shibotik.id/)

1) Kanagoods

Menghadirkan produk batik tulis yang diproses menggunakan pewarna alami, Kanagoods yang berasal dari Jakarta menekankan visi upcycling dalam setiap produknya. Setiap produk Kanagoods juga punya ciri khas tersendiri yang menekankan pada warna indigo.

Dengan keunikan tersebut, Kanagoods berhasil mengekspor produk fesyennya ke berbagai negara di Kawasan Asia. Produk-produk dari Kanagoods bisa kamu temukan di Instagram @kanagoods.

2) Monstore

Monstore menghadirkan produk art clothing dan apparel unisex berkualitas tinggi dengan desain yang menarik. Memiliki bahan yang nyaman, produk-produknya cocok untuk dipakai sehari-hari.

Produk fesyen jenama asal Jakarta ini telah berpartisipasi di Trade Show Agenda Long Beach 2018 dan Trade Show in Liberty Las Vegas 2019 serta melakukan ekspor ke Alchemist Mykonos, Turki. Cek busana nyeni ala Monstore di akun Instagram @monstore.

3) Pithecanthropus

Berawal dari toko kecil yang menawarkan produk bercorak budaya Indonesia, Pithecanthropus yang merupakan jenama asal Bali kini berhasil melakukan ekspor melalui pengiriman ke berbagai negara.

Batik dari Pithecanthropus punya keunikan yang menghadirkan motif khas warisan budaya Indonesia tempo dulu. Koleksi pakaian dari Pithecanthropus bisa kamu temukan melalui akun Instagram resmi @pithecanthropusbali.

4) Shibotik

Memadukan batik dan shibori (teknik celup khas Jepang) dalam desainnya, jenama fesyen asal Bandung ini memenangkan penghargaan dari The World Crafts Council serta berpartisipasi dalam Amazon Tokyo Fashion Week 2018.

Mulai dari koleksi pakaian sehari-hari, pakaian anak, hingga formal wear bisa ditemukan di akun Instagram @shibotik.id. Ragam koleksi unik Shibotik juga sudah diekspor ke berbagai negara, lho!

5) Woodka

Mengombinasikan keindahan alam, corak budaya, dan seni pada produk fesyen daily wear, produk jam kayu asal Bandung yaitu Woodka, menggunakan kayu daur ulang sebagai bahan dasar untuk memproduksi berbagai jenis jam tangan. Nyeni banget, ya!

Dengan keunikan tersebut, Woodka telah mengekspor produknya ke Paris serta berpartisipasi dalam Hong Kong Watch & Clock Fair 2019 dan Rising Fashion Singapore 2018. Penasaran dengan koleksi jam tangan kayu Woodka? Yuk, mampir ke akun Instagram @woodka_!

Kerajinan tangan unik dan menarik

Produk alat makan bambu dari Studio Dapur.
Produk alat makan bambu dari Studio Dapur. (https://www.instagram.com/studio.dapur/)

1) Henju by Gracy

Mengadaptasi nilai kebudayaan asli Indonesia, Henju by Gracy menawarkan berbagai produk kriya berupa cincin dengan corak aksara jawa.

Berawal dari sebuah toko di Yogyakarta, kini Henju by Gracy telah melakukan ekspor ke berbagai negara di Asia, Amerika, Eropa, dan Australia sejak tahun 2013. Produk cincin aksara jawa yang etnik ini bisa kamu temukan di akun Instagram @henju.by.gracy.

2) Kandura Studio

Pilihan piring dan gelas karya Kandura Studio berdesain simpel, namun sangat berkelas dan motif yang Indonesia banget. Produk keramik Kandura Studio telah berhasil menembus pasar internasional dengan berpartisipasi pada pameran Designboom Spanyol tahun 2010.

Kandura Studio juga membuka workshop bagi yang berminat mempelajari proses pembuatan karya dari tanah liat. Berminat membuat piring dan gelas karyamu sendiri? Langsung cek Instagram @kandurastudio, ya!

3) Siji Lifestyle

Siji Lifestyle menyediakan barang-barang dan aksesori rumah tangga dengan desain yang elegan. Didirikan pada tahun 2006 di Yogyakarta, Siji Lifestyle kini sukses mengekspor produk-produknya ke Amerika Serikat, Jerman, Belanda, Prancis, Belgia, dan negara-negara lain. Berbagai produk dengan keunikan tersendiri dari Siji Lifestyle bisa kamu dapatkan melalui akun Instagram @siji.lifestyle, ya!

4) Studio Dapur

Studio Dapur dengan akun resmi @studio.dapur, menghadirkan produk alat makan dan perlengkapan dapur artisan dengan bahan dasar bambu. Menariknya, Studio Dapur berkolaborasi dengan para pengrajin lokal dalam memproduksi bambu artisan yang berkualitas tinggi.

Dengan produk-produk khas bambunya, Studio Dapur telah mengekspor produknya ke Singapura, Malaysia, Thailand, hingga Korea Selatan.

5) Vdesign

Telah lama mendunia, VDesign yang berpusat di Sanur, Bali menyediakan produk-produk industri hospitality seperti kotak tisu, vas bunga, nampan, hingga diffuser, yang koleksinya bisa kamu lihat pada akun Instagram resminya di @vdesignliving.

Kualitas produk dari VDesign telah mendapat pengakuan dari majalah-majalah internasional seperti Elle Decoration, bahkan digunakan di hotel W Maladewa serta Four Season Bahrain, lho!

Produk kuliner dengan rasa khas dari berbagai daerah

Produk kopi dari Mozass Healthy Laboratory.
Produk kopi dari Mozass Healthy Laboratory. (https://www.instagram.com/mozasshealthylabs/)

1) Bronchips

Produk keripik brownies krispi asal Surabaya ini merupakan yang pertama di Indonesia. Terkenal akan kerenyahannya, bronchips hadir dengan 4 varian rasa: cokelat, green tea almond, kacang, dan keju.

Kelezatan camilan yang satu ini sudah tidak diragukan lagi, hingga membuat bronchips berhasil didistribusikan ke Taiwan pada bulan Juli 2019 lalu. Yuk, cek Instagram @bronchips.indonesia untuk buktikan kelezatannya!

2) Forayya

Forayya hadir sebagai produk cookies sehat yang tinggi protein serta gluten-free, dengan bahan dasar sagu Papua. Inovasi dari Forayya sebagai camilan sehat berhasil membawa produk kuliner lokal ini ke Tastefully Malaysia 2018 dan Malaka Halal Expo 2018. Yuk, langsung coba kelezatan dari Forayya dengan mengunjungi akun Instagram @forayya.id.

3) Mason Chocolate

Produk cokelat asli Indonesia juga tak kalah digandrungi oleh warga dunia. Salah satunya adalah Mason Chocolate, jenama lokal asal Bali. Menawarkan berbagai cokelat artisan, toko Mason Chocolate yang tersebar di berbagai wilayah di Bali jadi salah satu spot khusus yang wajib dikunjungi turis mancanegara.

Kini, Mason Chocolate juga telah melakukan ekspor ke berbagai negara. Untuk lengkapnya, kamu bisa cek akun Instagram @masonchocolates, ya!

4) Mozass Healthy Laboratory

Belum afdal jadi pencinta kopi jika belum coba kopi dari Mozzass Healthy Laboratory. Menyediakan kopi lokal asli Aceh hingga Flores, produk kopi di Mozass Healthy Laboratory diproduksi secara organik dengan memberdayakan kesejahteraan para petani kopi. 

Produk kopi sehat ini sudah malang melintang hingga ke Thailand, China, London, dan Amerika, lho! Penasaran? Eksplorasi produknya melalui akun Instagram @mozasshealthylab.

5) Tahu Taisi

Tahu Jeletot Taisi punya rasa pedas yang bikin nagih. Berawal dari Depok, tahu isi ini sudah memiliki banyak cabang di Jabodetabek. Kamu bisa cek Instagram @tahutaisi untuk menemukan cabang Tahu Taisi terdekat.

Siapa sangka, produk tahu jeletot dari Tahu Taisi pernah go international dengan berpartisipasi dalam MIHAS Kuala Lumpur 2016, Franchise exhibition Manila 2019, Halal food Manila 2018, dan Peluang Usaha untuk TKI Hong Kong 2017.

Selain beberapa jenama yang telah disebutkan, masih banyak lagi jenama lokal lainnya yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di mancanegara. Hal ini membuktikan bahwa jenama atau UMKM lokal memiliki produk yang berdaya saing, sehingga tidak hanya eksis di pasar nasional namun hingga ke pasar global.

Di tengah pandemi ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) senantiasa menerapkan tiga strategi, yakni inovasi, adaptasi, dan kolaborasi untuk terus menghidupkan geliat bisnis para pelaku ekraf.

Menurut Menparekraf Sandiaga Uno, ketiga strategi tersebut dilakukan sebagai wujud kehadiran Pemerintah dalam memberikan manfaat ekonomi bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di tengah badai pandemi.

Diharapkan, para pelaku sektor parekraf dapat tetap meningkatkan kapasitas dan kreativitas, khususnya dengan mengoptimalkan cara kerja digital.

"Hal ini sebagai wujud nyata Pemerintah hadir untuk memberikan manfaat ekonomi, sehingga pelaku sektor parekraf bisa meningkatkan kapasitas dan kreativitas khususnya di masa digital seperti sekarang ini," kata Sandiaga saat memberikan sambutannya dalam kegiatan Bimbingan Teknis dan Pameran Karya untuk Indonesia secara virtual di kanal YouTube Kemenparekraf, Minggu (29/8/2021).

Dalam hal kolaborasi, Pemerintah tentu tak bisa melakukannya sendiri. Partisipasi kamu untuk terus menggerakan sektor ekraf juga sangat diperlukan!

Kamu juga bisa ambil bagian untuk #BeliKreatifLokal, dengan membeli produk-produk ekraf dari jenama dan UMKM lokal yang tersebar di seluruh negeri, kamu telah berkontribusi dalam mendorong kebangkitan sektor ekraf di tengah pandemi ini.

Selama pembatasan kegiatan, kamu tetap bisa mendukung para pelaku ekraf meski #DiRumahAja, caranya dengan #BeliKreatifLokal secara online. Misalnya melalui e-commerce atau akun media sosial masing-masing jenama lokal.

Jika memang terdapat aktivitas yang mengharuskan kamu untuk keluar rumah, jangan lupa untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 6M, ya!

Untuk kamu yang belum divaksin Covid-19, yuk laksanakan vaksinasi sesegera mungkin! Vaksinasi merupakan salah satu langkah untuk membuat sektor parekraf kembali pulih. Bukan tak mungkin, kelak kamu bisa keliling Indonesia dan belanja oleh-oleh seperti sediakala.

Sambil mengisi waktu luang saat #DiRumahAja, kamu bisa ikutan acara PUKIS atau Pesona Punya Kuis yang diadakan oleh Pesona Indonesia, pada hari Selasa di setiap pekan. Caranya gampang banget! Follow akun Instagram @pesonaid_travel, lalu like unggahan PUKIS terbaru. Kemudian, jawab pertanyaan dari uggahan terbaru pada kolom komentar. Jangan lupa juga mention 3 teman kamu untuk ikutan kuis ini. Eits, tapi jangan private Instagram kamu, lho!

Raih kesempatan menang beragam hadiah menarik yang sudah disediakan, ya! Yuk, pantengin PUKIS jangan sampai kelewatan!

Penulis: Anniza Kemala/Editor: Bardjan

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas