Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Bandara Soetta Terapkan Prosedur Baru untuk Penumpang Internasional

Bandara Internasional Soekarno-Hatta menerapkan prosedur baru untuk penumpang pesawat kedatangan dari luar negeri mulai 19 September 2021.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Bandara Soetta Terapkan Prosedur Baru untuk Penumpang Internasional
WARTAKOTA/Nur Ichsan
Ilustrasi Suasana di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bandara Internasional Soekarno-Hatta menerapkan prosedur baru untuk penumpang pesawat kedatangan dari luar negeri mulai 19 September 2021.

Plt. Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah I Soekarno-Hatta Y. Gandoz mengatakan, prosedur baru tersebut sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan No 74 Tahun 2021.

"Prosedur baru ini tentunya sebagai antisipasi dalam mencegah masuknya varian baru Covid-19 yaitu varian Mu ke Indonesia," kata Gandoz, Minggu (19/9/2021).

Baca juga: ATURAN Pembatasan Pintu Masuk Internasional: Pelaku Perjalanan Wajib Pakai Aplikasi PeduliLindungi

Menurut Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi dalam prosedur baru ini akan ada beberapa checkpoint untuk kedatangan penumpang pesawat rute internasional.

Checkpoint tersebut sebagai berikut:

Checkpoint 1

Penumpang rute internasional (WNI dan WNA) yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta setelah turun dari pesawat akan menuju area holding, untuk dilakukan pendataan sesuai kriteria Keputusan Kepala Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 11/2021 (pekerja migran, pelajar/mahasiswa, pegawai pemerintah), dan pendataan untuk WNI dan pelaku perjalanan lainnya sesuai ketentuan di luar kriteria keputusan Ketua Satgas tersebut.

Checkpoint 2

Seluruh penumpang kemudian menuju area verifikasi dokumen kesehatan yang dilakukan oleh personel KKP Kementerian Kesehatan. Dokumen yang diverifikasi antara lain kartu vaksinasi, eHAC Internasional, surat hasil RT-PCR COVID-19 dari negara asal, dan dokumen lainnya yang dipersyaratkan dalam SE Kemenhub 74/2021. Pada titik ini, personel KKP  juga akan melakukan klasifikasi lokasi karantina.

Baca juga: Bangkok Dibuka Kembali untuk Pelancong Internasional Mulai 15 Oktober 2021

Checkpoint 3

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas