Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Wamendes Budi Arie Ajak Anak Muda Berperan Dalam Pembangunan di Desa

Budi Arie mengatakan, keberhasilan pengembangan desa wisata tidak lepas dari peran aktif anak-anak muda di desa. 

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Wamendes Budi Arie Ajak Anak Muda Berperan Dalam Pembangunan di Desa
Tribunnews.com/Reynas Abdila
Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi saat meresmikan Wisata Situ Lebak Wangi, Parung, Kabupaten Bogor, Kamis (7/10/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi meresmikan Wisata Situ Lebak Wangi di Desa Pamegarsari, Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (7/10/2021). 

Wisata desa ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan karang taruna.

Menurutnya, desa wisata akan menjadi salah satu penopang bagi pembangunan desa berkelanjutan.

"Pembangunan desa wisata ini janji Pak Presiden. Janji Pak Presiden adalah mengembangkan desa digital dan desa wisata. Desa wisata harus didorong terus menerus," ujar Budi.

Pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan kementerian/lembaga terkait dalam mendorong pengembangan desa wisata dan kreatif. 

Ia mengingatkan, bahwa pengembangan desa wisata wajib mengedepankan asas ramah lingkungan.

Baca juga: Wamendes Budi Arie: Desa Harus Maju karena Masa Depan Indonesia Ada di Desa

BERITA REKOMENDASI

"Semoga desa ini bisa menjadi pelopor. Karena masih ada banyak situ yang lain. Jadi fungsi air bisa kita jaga, dan bisa bermanfaat juga untuk pengembangan ekonomi masyarakat," terangnya.

Di sisi lain Budi Arie mengatakan, keberhasilan pengembangan desa wisata tidak lepas dari peran aktif anak-anak muda di desa. 

Untuk itu, ia mengajak tokoh desa agar menggandeng para pemuda desa untuk membantu proses pembangunan di desa.

"Karena contoh desa wisata yang maju itu pelopornya selalu anak muda. Karena desa tanpa anak muda nggak ada potensi untuk maju," ujarnya.

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi menyambangi BUMDes Kowariron Desa Kuwaron, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan, pada Rabu (15/9/2021).
Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi menyambangi BUMDes Kowariron Desa Kuwaron, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan, pada Rabu (15/9/2021). (Istimewa)

Desa Harus Maju

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi menyambangi BUMDes Kowariron Desa Kuwaron, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan, Rabu (15/9/2021).

Wamendes Budi Arie meninjau unit usaha yang dikelola oleh BUMDes Kuwariron yaitu Unit Pengolahan Sampah dan Pakan Ternak.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas