Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Gubernur Sulut: Potensi Wilayah Timur Jika Disatukan Dapat Percepat Pertumbuhan Ekonomi RI

Menurutnya, potensi ekonomi di provinsi yang ada di kawasan timur hampir sama, di mana sektor perikanan, pertanian, dan wisata

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Gubernur Sulut: Potensi Wilayah Timur Jika Disatukan Dapat Percepat Pertumbuhan Ekonomi RI
Tribun Manado/Ryo Noor
Gubernur Sulut, Olly Dondokambey 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menilai pemerintah pusat perlu serius memberikan dorongan terhadap potensi-potensi ekonomi di kawasan timur Indonesia, untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional.

"Potensi wilayah timur kalau disatukan dengan baik, saya kira akan menumbuhakn ekonomi negara kesatuan Indonesia tumbuh cepat, apabila pemerintah betul-betul memeberikan dorongan dan topangan," kata Olly saat acara Indonesia Timur Sukseskan Pacific Exposition 2021 yang digelar secara virtual oleh Tribunnews.com, Senin (11/10/2021).

Baca juga: Sektor Pertanian Menopang Pertumbuhan Ekonomi Sulawesi Utara di Masa Pandemi




Menurutnya, potensi ekonomi di provinsi yang ada di kawasan timur hampir sama, di mana sektor perikanan, pertanian, dan wisata menjadi unggulan di Sulawesi Utara dan Provinsi Maluku.

"Sektor perikanan kita hampir sama dengan Ambon, ini salah satu sektor unggulan Sulut, karena kawasan ekonomi kita juga mengarah ke insustri perikanan," paparnya.

Selain itu, kata Olly, potensi ekonomi di sektor pariwisata juga sangat terbuka lebar, di mana Sulut memiliki 50 wisata alam.

Baca juga: Genjot Ekspor Melalui Pacific Exposition 2021, Target Transaksi Diyakini Tembus Rp 2 Triliun

"Wisata alam banyak, pantai, gunung, danau. Ini pernah kami lakukan dalam waktu 3 bulan yang dulunya tidak ada (wisatawan asing), sekarang 20 ribu dalam satu bulan," ujarnya.

BERITA TERKAIT

"Itu pun belum tergarap sampai di kepulauan-kepulauan. Di Sulut ada Danau Cinta Makalehi, kepualauan Sitaro, posisinya di tengah laut pulau kecil tapi ada danau airnya tawar," sambung Olly.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas