Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Kisah Pemuda Riau yang Bertemu Jokowi Berlanjut, Ikuti Pelatihan 5 Hari di Kampus UMKM Shopee Solo

Pemuda penerima beasiswa penuh di STIE SEBI Depok tersebut boleh dikatakan cukup beruntung karena ia berkesempatan

Kisah Pemuda Riau yang Bertemu Jokowi Berlanjut, Ikuti Pelatihan 5 Hari di Kampus UMKM Shopee Solo
(dok. Tribun News)
Di Kampus UMKM Shopee Ekspor Solo, Asror mempelajari tentang potensi berjualan online, pengetahuan ekspor secara umum, copywriting, dan juga warehousing melalui pelatihan yang berlangsung selama 5 hari. 

TRIBUNNEWS.COM - Sebagai roda penggerak perekonomian bangsa, usaha untuk mendorong pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mendapatkan sokongan dari berbagai pihak.

Sebuah UMKM bisa dikatakan telah sukses saat berhasil menembus pasar nasional, bahkan internasional, yang ditunjukkan melalui pelaksanaan ekspor.

Hal tersebut juga menjadi mimpi dari Muhammad Kasyful Asror, seorang pemuda asal Desa Muntai, Kabupaten Riau. Impiannya adalah mengembangkan potensi yang terdapat di daerahnya hingga ke pasar ekspor.

Pemuda penerima beasiswa penuh di STIE SEBI Depok tersebut boleh dikatakan cukup beruntung karena ia berkesempatan untuk bertemu dan berdialog langsung dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada bulan September lalu di Riau.

Baca juga: Shopee Buka Kantor di Solo, Siap Rekrut 2.000 SDM Sampai 2022

Peluang ini tentunya tidak ia sia-siakan. Tanpa ragu, Asror menyatakan keinginannya untuk mengembangkan potensi laut dan karet yang merupakan kekuatan daerahnya kala berdialog dengan Presiden Jokowi.

Keinginan kuat Asror sukses menggerakkan sang Presiden. Presiden Jokowi dengan segera menyarankan agar Asror pergi belajar tentang bisnis online dan ekspor di Kampus UMKM Shopee Ekspor Solo.

“Asror ini masuk Jakarta aja. Tapi kalau gak, bisa masuk ke Shopee Export School (Kampus UMKM Shopee Ekspor) di Solo. Tapi lebih konkret yang Shopee. Shopee itu langsung dia diajari, pasarnya ada,” kata Presiden Jokowi kepada Asisten Ajudan AKP Syarif M. Fitriansyah yang ada di hadapannya saat itu.

Baca juga: Fakta-fakta Gudang Shopee Express Terbakar: Tidak Ada Korban Jiwa, Pengiriman Tak Terganggu

Asror, sosok pemuda dengan impian besar untuk desanya Dengan rekomendasi dari Presiden Jokowi tersebut, Kampus UMKM Shopee Ekspor Solo menjadi langkah awal dalam perjalanan Asror sebagai pelaku UMKM baru yang ingin menembus pasar ekspor.

Ketika ditemui oleh Tribun News di lokasi Kampus UMKM Shopee Ekspor Solo, Asror menceritakan pengalamannya saat berbincang dengan Presiden Jokowi serta hal-hal yang didapatkannya melalui pelatihan di Kampus UMKM Shopee Ekspor Solo.

“Saat ketemu Pak Jokowi waktu itu dan beliau menawarkan belajar di Kampus UMKM Shopee, rasanya senang dan bersyukur banget. Ya, karena pelatihan ini sejalan dengan mimpi dan cita-cita saya, untuk mengharumkan nama desa saya juga,” ujar Asror dalam wawancara bersama Tribun News di sela pembelajaran di Kampus UMKM Shopee Ekspor, Selasa (12/10/2021).

Baca juga: Sambut Harbolnas, ShopeePay Hadirkan Kampanye 10.10 Double Deals

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas