Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Pameran Ambiente di Jerman Sukses Meningkatkan Ekspor IKM Kerajinan

Kementerian Perindustrian memfasilitasi kepesertaan Industri Kecil dan Menengah (IKM) kerajinan pada Pameran Ambiente di Messe Frankfurt, Jerman

Pameran Ambiente di Jerman Sukses Meningkatkan Ekspor IKM Kerajinan
freepik.com
Ilustrasi kegiatan ekspor dan impor. Pameran Ambiente di Jerman Sukses Meningkatkan Ekspor IKM Kerajinan 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perindustrian memfasilitasi kepesertaan Industri Kecil dan Menengah (IKM) kerajinan pada Pameran Ambiente di Messe Frankfurt, Jerman

Pameran Ambiente merupakan salah satu ajang bergengsi skala internasional untuk menampilkan produk kerajinan, khususnya home decor, yang diikuti oleh lebih dari 96 negara setiap tahunnya.

Plt. Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Reni Yanita, mengatakan Kemenperin melalui Ditjen IKMA secara rutin berpartisipasi pada Pameran Ambiente, kecuali tahun 2021 ini karena adanya pandemi Covid-19.

"Perusahaan yang telah mendapatkan fasilitas kepesertaan ini tercatat mampu meningkatkan kinerja ekspornya dan berkesempatan memiliki pasar yang lebih luas dengan menggaet konsumen dari berbagai negara," tutur Reni, Rabu (13/10/2021).

Saat mengunjungi Yogyakarta, Plt. Dirjen IKMA menyaksikan secara langsung pelepasan ekspor produk kerajinan dari empat perusahaan di sektor kerajinan khususnya home decor, yaitu PT Harmoni Jaya Kreasi, CV Industri Classica Variasi, CV Palem Craft Jogja, dan CV Pandanus Internusa.

Keempat perusahaan ini pernah mendapat fasilitasi kepesertaan dari Kemenperin pada Pameran Ambiente.

Baca juga: Kemenperin Tingkatkan Ekspor Produk Dekorasi Rumah dan Furnitur

PT Harmoni Jaya Kreasi merupakan IKM anyaman dari serat alam dan telah mendapat fasilitasi Pameran Ambiente pada tahun 2018-2020.

Negara tujuan pasar ekspornya di antaranya adalah ke Perancis, Amerika Serikat, Belanda, Spanyol, Austria, Norwegia, Belgia, Denmark, Afrika Selatan dan Inggris. 

Berikutnya, CV Industri Classica Variasi (Enclave) adalah IKM kerajinan kayu dan small furniture, yang mengikuti Pameran Ambiente pada tahun 2017-2019.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas