Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Sukses Genjot Peningkatan Pendapatan Freeport, Kinerja Erick Thohir Diapresiasi

Kinerja Freeport moncer setelah pemerintah mengakuisi 51 persen saham melalui perusahaan BUMN PT Inalum atau yang sekarang menjadi MIND ID.

Sukses Genjot Peningkatan Pendapatan Freeport, Kinerja Erick Thohir Diapresiasi
Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Eksekutif Energy Watch, Mamit Setiawan mengapresiasi kinerja Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir atas peningkatan pendapatan PT Freeport Indonesia yang naik mencapai 100 persen.

Kinerja Freeport moncer setelah pemerintah mengakuisi 51 persen saham melalui perusahaan BUMN PT Inalum atau yang sekarang menjadi MIND ID.

“Dengan kehadiran pemerintah dalam hal ini MIND ID didalam kepemilikan Freeport Indonesia bisa memberikan kontribusi yang positif dan saya kira ini sebuah capaian yang bagus, saya kira patut kita apresiasi,” kata Mamit, melalui keterangannya, Kamis (14/10/2021).

Mamit menjelaskan sebelum diakuisisi bagi hasil Freeport kepada negara jumlahnya sedikit.

Namun dengan jumlah kepemilikan saham mencapai 51 persen pemerintah punya hak untuk mengontrol tata kelola, kinerja dan pengawasan terhadap PT Freeport.

“Bagaimanapun dengan kepemilikan saham yang saat ini cukup tinggi (51%) kita harusnya mempunyai suara dalam menentukan tata kelola dan kinerja PT Freeport di Indonesia, dengan demikian fungsi pengawasan terhadap Freeport ini berjalan dengan baik,” ujarnya.

Baca juga: Laporan ke Jokowi, Erick Thohir Sebut Pendapatan PT Freeport Naik Hampir 100 Persen

Mamit juga mendukung langkah Freeport membangun Smelter yang baru saja dilakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking oleh Presiden Joko Widodo di Kawasan Ekonomi Khusus Gresik, Jawa Timur.

Smelter itu nantinya berfungsi tempat pemurnian tembaga yang menghasilkan katoda tembaga, juga pemurnian logam yang menghasilkan emas, perak dan logam berharga lainnya.

“Ini sebenarnya PR yang dari kapan kapan tau bahwa janji-janji Freeport untuk membangun smelter inikan tidak pernah terealisasi baru kali ini akan dibangun,” ucapnya.

Mamit menegaskan dengan dibangunnya smelter akan memperkuat program hilirisasi industri yang bisa menciptakan nilai tambah bagi produk tambang dalam negeri.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas