Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Progres Kesiapan Nyaris 100 Persen, Sirkuit Mandalika Siap Gelar MotoGP dan World Superbike

Hanya saja untuk fasilitas lain, seperti Pit Building, Paddock, medical facility, dan Race Control Building, sedang dalam tahap penyelesaian

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Progres Kesiapan Nyaris 100 Persen, Sirkuit Mandalika Siap Gelar MotoGP dan World Superbike
Bambang Ismoyo/Triunnews.com
Kepala Divisi Operasional Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Dyan Dilato memberikan keterangan soal persiapan sirkuit Mandalika, Lombok, NTB 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Bambang Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, MANDALIKA - Proyek pembangunan arena balap motor ataupun mobil, yakni Mandalika International Street Circuit di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah mencapai progres 97 persen.

Kepala Divisi Operasional Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Dyan Dilato mengatakan, seluruh konstruksi lintasan sirkuit hampir rampung dan segera bisa digunakan.

"Untuk trek, 97 persen sudah jadi. Akhir Oktober semua trek 100 persen Insya Allah sudah jadi," ucap Dyan di Mandalika, Rabu (13/10/2021).

Baca juga: Tinjau Sirkuit Mandalika, Kakorlantas Lakukan Asistensi Jelang Digelarnya World Superbike 2021

Saat Tribunnews melakukan peninjauan ke sirkuit tersebut, terlihat bagian aspal trek memang sudah rampung dan mulus.

Hanya saja untuk fasilitas lain, seperti Pit Building, Paddock, medical facility, dan Race Control Building, sedang dalam tahap penyelesaian.

Untuk pit building di Sirkuit tersebut, lanjut Dyan, akan memakai model modular yaitu sebanyak 50 paddock yang terdiri dari dua lantai.

Baca juga: Edi Witjara Siap Dukung Mandalika Jadi Destinasi Wisata Kelas Dunia

BERITA TERKAIT

“Pit building sedang dikerjakan, minimal dipasang sebelum ajang WSBK (World Superbike) . Pit building nantinya sudah lengkap dibangun dengan kelistrikan dan sistem telekomunikasi,” jelas Dyan.

Sebelumnya, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), menyambut gembira pengumuman resmi Dorna Sport yang memasukkan seri Indonesia ke dalam Provisional MotoGP 2022 Calendar.

BUMN Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika ini melihat, hal tersebut merupakan kepercayaan Dorna atas kesiapan Mandalika International Street Circuit dalam menggelar event MotoGP 2022.

Baca juga: Dapat Ganti Rugi Rp 5 M dari Proyek KEK Mandalika, Haji Maye Bangun Penginapan & Beli Sawah Lagi

Berdasarkan kalender yang dirilis, MotoGP seri Indonesia akan berlangsung pada tanggal 18-20 Maret 2022 di Mandalika International Street Circuit, The Mandalika, NTB.

Kalender juga memasukkan sirkuit baru ini untuk menggelar tes pra-musim pada 11-13 Februari 2022.

Pembangunan fasilitas pendukung tersebut ditargetkan akan rampung pada akhir Oktober mendatang guna mengejar penyelenggaraan ajang balapan Idemitsu Asia Talent Cup pada 12-14 November dan WSBK 2021 pada 19-21 November 2021.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas