Tribun Bisnis

Segera Tukarkan ke Bank, Berikut Jadwal Pemblokiran Kartu ATM Magnetic Strip BNI, BCA dan BRI

Bank Indonesia (BI) beberapa waktu lalu telah mengeluarkan aturan implementasi Kartu ATM dan/atau Kartu Debit dengan teknologi chip.

Editor: Choirul Arifin
Segera Tukarkan ke Bank, Berikut Jadwal Pemblokiran Kartu ATM Magnetic Strip BNI, BCA dan BRI
sogdia.blockablock.info
Ilustrasi kartu ATM 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah bank sudah menjadwalkan penerapan pemblokiran kartu ATM magnetic stripe yang dipegang nasabahnya.

Karenanya, bank-bank tersebut mendorong nasabah segera menukarkan kartu ATM magnetiknya dengan kartu ATM baru berteknologi chip.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) beberapa waktu lalu telah mengeluarkan aturan implementasi Kartu ATM dan/atau Kartu Debit dengan teknologi chip.

Kebijakan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Bank Indonesia No. 17/52/DKSP tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online 6 (Enam) Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debit yang Diterbitkan di Indonesia.

Dalam kebijakan tersebut dijelaskan, penerbit wajib menerbitkan Kartu ATM dan atau Kartu Debit dengan menggunakan standar nasional teknologi chip dan PIN online enam digit secara bertahap.

Baca juga: Ganti Kartu ATM BCA Non Chip ke Kartu ATM BCA Chip Sebelum 1 Desember 2021, Simak Caranya

Berikut jadwal pemblokiran kartu ATM di 3 bank besar nasional, yakni BNI, BCA, dan BRI

1. BNI

Melansir laman resmi, BNI mendorong penukaran Kartu Debit yang masih menggunakan magnetic stripe dengan Kartu Debit Chip sesegera mungkin.

Tenggat waktu penggantian kartu ATM BNI magnetic stripe adalah 30 November 2021.

Setelah tanggal itu, nasabah pemilik kartu debit hanya dapat menggunakan Kartu Debit Chip pada saat bertransaksi melalui mesin ATM.

Baca juga: Cara Ganti Kartu ATM Magnetik ke Chip Bank Mandiri, Ini Langkah dan Dokumen yang Diperlukan

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas