Tribun Bisnis

Pupuk Kaltim Garap Peluang Bisnis Suku Cadang Industri dan Jasa Pemeliharaan Pabrik

PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) siap menggarap peluang bisnis produksi suku cadang lintas industri

Penulis: Sanusi
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Pupuk Kaltim Garap Peluang Bisnis Suku Cadang Industri dan Jasa Pemeliharaan Pabrik
IST
Ilustrasi Pabrik Pupuk Kaltim 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Sanusi

TRIBUNNEWS.COM, BONTANG - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) siap menggarap peluang bisnis produksi suku cadang lintas industri dan jasa pemeliharaan pabrik.

Hal itu dilakukan untuk memanfaatkan kapasitas yang dimiliki oleh perusahaan saat ini.

Seperti diketahui, saat ini Pupuk Kaltim memiliki 5 unit pabrik urea kapasitas 3,4 juta ton per tahun, 5 unit pabrik amoniak kapasitas 2,78 juta ton per tahun dan pabrik NPK kapasitas 350 ribu ton per tahun.

“Selain tugas utama memastikan laju operasional pabrik, kemampuan fabrikasi dan pengalaman teknis yang dimiliki unit kerja, JPP (Jasa Pelayanan Pabrik) Pupuk Kaltim juga menyimpan potensi bisnis yang tak luput dikembangkan oleh Perusahaan.

Baca juga: Kontribusi Ekspor Meningkat, Pupuk Kaltim Raih Penghargaan Primaniyarta 2021

Kami mencanangkan JPP sebagai Strategic Business Unit dan mengkomersilkan layanan kepada industri dan perusahaan lain yang membutuhkan,” terang Direktur Operasi dan Produksi Pupuk Kaltim Hanggara Patrianta, Minggu (24/10/2021).

Dia mengatakan pengembangan JPP sebagai strategic business unit dapat dilaksanakan karena kebutuhan perawatan pabrik internal perusahaan dapat direncanakan dan dikelola.

Sebagai produsen pupuk, Pupuk Kaltim memiliki pabrik dengan tingkat kompleksitas operasional tinggi, yang tentunya membutuhkan tenaga ahli dan tim khusus yang berpengalaman, mulai dari mengoperasikan pabrik hingga melakukan pemeliharaan.

Baca juga: Sebarkan Pupuk dengan Menggunakan Drone di Mojokerto, Dinilai Lebih Hemat Biaya

Untuk tujuan tersebut, Pupuk Kaltim memiliki sebuah unit kerja yang dinamai Jasa Pelayanan Pabrik (JPP).

Dia menjelaskan JPP adalah untuk pemeliharaan pabrik-pabrik Pupuk Kaltim. Tugas utamanya adalah memastikan bahwa operasional pabrik dapat terus berjalan lancar, dengan memberikan pemeliharaan berkala bersama para engineer berpengalaman, hingga fabrikasi suku cadang permesinan secara mandiri.

JPP dapat memberikan layanan komersial seputar perancangan dan pembuatan suku cadang serta peralatan pabrik, serta jasa pemeliharaan dan perawatan pabrik bagi perusahaan dari berbagai industri.

Pengalaman JPP Pupuk Kaltim yang mumpuni sejak 1992 dalam pemeliharaan pabrik-pabrik Pupuk Kaltim membuat perusahaan tidak memerlukan proses pengadaan suku cadang dari pihak dari luar.

Baca juga: Pupuk Kaltim Kembangkan Potensi Budidaya Lalat Hitam

Pengalaman tersebut juga turut membuat JPP Pupuk Kaltim mampu memberikan standar tinggi dalam jasa fabrikasi suku cadang dan pemeliharaan pabrik.

Suku cadang yang dipesan ke JPP dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan pemesan, dengan menggunakan proses CNC yang menghasilkan produk suku cadang yang berkualitas tinggi dengan standar sertifikasi nasional ISO 90001, maupun sertifikasi internasional dari TUV Rheinland.

Lebih lanjut, kemampuan produksi pabrik Pupuk Kaltim tidak hanya mampu melayani klien perusahaan dari industri serupa, namun juga lintas industri dari mulai pertambangan, hingga transportasi.

Baca juga: Jalankan Roda Bisnis, Pupuk Kaltim Terapkan Governance Risk Management Compliance

Beberapa perusahaan besar di Indonesia maupun luar negeri pun telah menggunakan jasa JPP Pupuk Kaltim, beberapa diantaranya seperti INKA, Bukit Asam, Badak LNG, KPI (Kaltim Parna Industri) dan KNI (Kaltim Nitrat Indonesia).

Selain itu, beberapa produk yang paling sering dipesan antara lain ring hammer untuk menggerus batu bara, axle block, center plate untuk suku cadang kereta api dan modifikasi pipe, retubing yang dikerjakan di workshop SBU-JPP Pupuk Kaltim.

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas