Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Wow, Laba Bersih Saratoga Melompat 10 Kali Lipat, dari Rp 1,2 T Jadi Rp 14,1 Triliun YoY

PT Saratoga Investama Sedaya Tbk mencatatkan net asset value (NAV) senilai Rp 45,8 triliun pada akhir kuartal III 2021.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Wow, Laba Bersih Saratoga Melompat 10 Kali Lipat, dari Rp 1,2 T Jadi Rp 14,1 Triliun YoY
Tribunnews/Irwan Rismawan
ILUSTRASI - Informasi pergerakan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta Selatan, Kamis (10/9/2020). Tribunnews/Irwan Rismawan 

Laporan Reporter Ika Puspitasari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perusahaan investasi PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) membukukan kinerja super kinclong di akhir kuartal III 2021 ini.

Emiten ini berhasil mencatatkan net asset value (NAV) senilai Rp 45,8 triliun pada akhir kuartal III 2021. Nilai NAV tersebut tumbuh 44,45 persen dibandingkan akhir tahun 2020 sebesar Rp 31,7 triliun.




Saratoga juga membukukan laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 14,1 trilliun.

Pencapaian tersebut meningkat lebih dari 10 kali lipat dibandingkan performa sembilan bulan pertama di 2020 yang sebesar Rp 1,2 triliun.

Presiden Direktur Saratoga Michael Soeryadjaya mengatakan, pemulihan ekonomi yang menunjukkan tren positif di tahun 2021 ini telah mendorong kinerja perusahaan portofolio investasi perseroan semakin solid.

Hal tersebut konsisten dengan kondisi penyebaran virus Covid-19 yang berangsur membaik.

Baca juga: Laba Bersih Bank Mega Naik 43 Persen, Jadi Rp 2,53 Triliun di Kuartal III 2021

BERITA TERKAIT

Ia melanjutkan, fundamental bisnis portofolio investasi Saratoga yang terus tumbuh positif menjadi kunci penguatan performa perusahaan dibandingkan periode yang sama di tahun 2020.

Baca juga: Laba Bersih Turun, Pembiayaan Baru Adira ke Semua Segmen Kendaraan Naik

"Kami optimistis pemulihan ekonomi yang terus berlangsung dan pencapaian program vaksinasi Covid-19 yang sangat positif akan menjadi momentum bagi penguatan bisnis portofolio investasi Saratoga ke depan,” kata Michael dalam keterangan resminya, Jumat (29/10/2021).

Baca juga: Tumbuh 69 Persen, CIMB Niaga Catatkan Laba Bersih Rp 3,2 Triliun hingga Kuartal III 2021

Pertumbuhan NAV Saratoga di tahun ini terutama berasal dari kenaikan harga saham PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG), PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) bersama PT Adaro Energy Tbk (ADRO) dan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX).

Baca juga: Holding PTPN III Raup Laba Rp 2,95 Triliun Pada Triwulan III 2021

Penguatan bisnis portofolio investasi Saratoga juga berdampak terhadap perolehan dividen di tahun ini.

Sampai dengan akhir kuartal III-2021, perseroan berhasil mencatat kenaikan dividen sebanyak 35,01$ menjadi senilai Rp 871 miliar, dengan dividen terbesar berasal dari ADRO, TBIG dan MPMX.

Michael menambahkan, untuk mengoptimalkan peluang bisnis, Saratoga telah melakukan investasi di sektor-sektor baru, khususnya teknologi.

Beberapa investasi tersebut adalah SIRCLO perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia dan Fuse platform insurtech (teknologi kanal distribusi asuransi) yang mampu menjangkau pasar secara meluas di Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas