Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Genjot Penjualan, UMKM Didorong Go Online di Tengah Pandemi

pelaku UMKM didorong melakukan penjualan secara online untuk bertumbuh lebih besar di tengah pandemi Covid-19.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
zoom-in Genjot Penjualan, UMKM Didorong Go Online di Tengah Pandemi
Humas Grab
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) didorong melakukan penjualan secara online untuk bertumbuh lebih besar di tengah pandemi Covid-19.

Retail Banking Director Bank Sinarmas Miko Andidjaja mengatakan, Bank Sinarmas bekerja sama dengan e-commerce Shopee untuk melatih pelaku UMKM go online.

Baca juga: Luncurkan Buku Pembiayaan UMKM, Menko Airlangga Sampaikan Keberpihakan Pemerintah kepada UMKM

"Pelatihan UMKM Go Online ini bertujuan untuk mendukung peningkatan penjualan pelaku UMKM dalam menghadapi kondisi pandemi saat ini," kata Miko dalam keterangannya, Jumat (12/11/2021).

Menurutnya, kegiatan ini juga sebagai upaya meningkatkan inklusi keuangan para pelaku UMKM yang berada di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Baca juga: Jokowi Bicara Soal Pemberdayaan UMKM dan Penanganan Perubahan Iklim dalam KTT APEC-ABAC

"Selain mengadakan pelatihan untuk edukasi, Bank Sinarmas juga menyediakan kemudahan dalam bertransaksi yang aman dan nyaman bagi para pelaku UMKM dengan menggunakan aplikasi mobile banking Bank Sinarmas SimobiPlus," paparnya.

Baca juga: Mendag dan Wamenlu Sampaikan Pokok Bahasan Jokowi dalam KTT APEC, Bahas Vaksin hingga UMKM Prempuan

Dalam pelatihan tersebut, pelaku UMKM diberikan materi terkait pembiayaan yang ada di perbankan, dan panduan dalam mengelola bisnis online.

BERITA REKOMENDASI

Staf Khusus Menteri Koperasi & UMK Bidang Hukum, Pengawasan Koperasi dan Pembiayaan Agus Santoso menyampaikan, pembiayaan UMKM secara klaster atau kemitraan akan memudahkan untuk mendapatkan potensi dan peluang besar di satu daerah.

"Perbankan dan pelaku usaha harus berjalan beriringan dan saat ini dibutuhkan sikap dalam merespon situasi yakni go online, bukan menjadi sebuah pilihan tetapi keharusan," ucap Agus.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas