Tribun Bisnis

John Riady: Digitalisasi UMKM Upaya Strategis Membangun Ekonomi Nasional

Memiliki kontribusi dan peran besar dalam perekonomian, UMKM masih dihadapkan pada berbagai persoalan dan tantangan. 

Penulis: Sanusi
Editor: Johnson Simanjuntak
John Riady: Digitalisasi UMKM Upaya Strategis Membangun Ekonomi Nasional
ist
Sebagai generasi ketiga Lippo, John Riady semakin fokus pada pengembangan bisnis kesehatan dan properti melalui induk PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Memiliki kontribusi dan peran besar dalam perekonomian, UMKM masih dihadapkan pada berbagai persoalan dan tantangan. 

Berangkat dari inisiatif perekonomian riil di tengah masyarakat, seringkali UMKM tidak dibekali dengan pengetahuan manajemen yang mapan dan rapih.

Kelemahan inipun memunculkan persoalan lain, yakni mayoritas UMKM masih sulit mengakses permodalan dari sektor perbankan lantaran tidak adanya catatan keuangan sebagai syarat pengajuan pinjaman.

Direktur Eksekutif Lippo Group John Riady mengungkapkan tantangan yang telah ada di pelupuk mata bagi pegiat UMKM adalah proses digitalisasi yang massif saat ini. Dampak pandemi Covid-19 telah mengakselerasi proses digitalisasi tersebut.

“Digitalisasi ini menjadi tantangan sekaligus peluang bagi UMKM naik kelas, dari segala sisi jika bisa dimanfaatkan, proses digitalisasi bisa membuat sektor UMKM lebih profesional termasuk mempercepat inklusi keuangan. Tidak hanya itu, melalui akses digital, UMKM bisa memperluas pasar bahkan hingga ke mancanegara, maka digitalisasi adalah langkah strategis dalam pembangunan ekonomi nasional,” tegas John, Selasa (16/11/2021).

UMKM di Indonesia, katanya, yang memiliki beragam produk dan menyentuh berbagai sektor perekonomian bisa saja memanfaatkan perangkat digital untuk meretas pasar luar negeri, khususnya regional Asean.

“Minimal kita punya komunitas Asean, dengan digitalisasi yang tengah berjalan, perekonomian kawasan akan menjadi lebih menyatu, lebih mudah dalam meralisasikan AEC [Asean Economic Community],” ungkap John.

Dia menilai keberadaan UMKM bisa dioptimalkan hingga mencapai hasil yang sebelumnya tidak dibayangkan, misalnya menggantikan bantalan ekonomi nasional yang bertumpu pada sektor komoditas dan tambang.

“Dengan digitalisasi, potensi ini bisa dikembangkan sehingga kita bisa membangun perekonomian yang lebih sustainable, inklusif, merata, serta ramah lingkungan. Dengan demikian kita bisa menciptakan pertumbuhan ekonomi yang benar,” kata John.

Karena itu, John mengungkapkan Lippo Group pun tak segan untuk ikut mengawal proses digitalisasi sektor UMKM.

Halaman
12
Ikuti kami di
  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas