Tribun Bisnis

BI Prediksi Ekonomi di 2022 Tumbuh 5,5 Persen, Nilai Transaksi e-commerce Bakal Tembus Rp530 triliun

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengungkapkan, pertumbuhan tersebut didorong oleh berlanjutnya perbaikan ekonomi global

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Muhammad Zulfikar
BI Prediksi Ekonomi di 2022 Tumbuh 5,5 Persen, Nilai Transaksi e-commerce Bakal Tembus Rp530 triliun
ist
Gubernur BI Perry Warjiyo. BI Prediksi Ekonomi di 2022 Tumbuh 5,5 Persen, Nilai Transaksi e-commerce Bakal Tembus Rp530 triliun 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memprakirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2022 akan mencapai 4,7 persen hingga 5,5 persen, dari 3,2 persen hingga 4,0 persen pada tahun 2021.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengungkapkan, pertumbuhan tersebut didorong oleh berlanjutnya perbaikan ekonomi global yang berdampak pada kinerja ekspor yang tetap kuat.

Serta dipengaruhi dengan meningkatnya permintaan domestik dari kenaikan konsumsi dan investasi.

Tak Cuma sampai di situ, hal ini didukung vaksinasi, pembukaan sektor ekonomi, dan stimulus kebijakan.

“Sinergi kebijakan yang erat dan kinerja perekonomian tahun 2021 menjadi modal untuk semakin bangkit dan optimis akan pemulihan ekonomi Indonesia yang lebih baik pada tahun 2022,” ucap Perry dikutip Jumat, (26/11/2021).

“Penguatan sinergi dan inovasi ditujukan untuk menciptakan imunitas massal dari pandemi Covid-19 dan pembukaan kembali sektor ekonomi prioritas, mendorong pemulihan ekonomi dalam jangka pendek melalui kebijakan peningkatan permintaan,” sambungnya.

Baca juga: Penyelesaian Transaksi Hanya 25 Detik Jadi Kelebihan Sistem BI-Fast

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga menyampaikan apresiasi atas sinergi dan komunikasi yang terjalin intens dan baik diantara jajaran otoritas, baik antara BI, OJK, LPS, dan Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Keuangan.

Hal ini menjadi kunci dalam mengelola dampak varian delta Covid 19 terhadap perekonomian nasional di 2021, sehingga setiap permasalahan kecil dapat terselesaikan.

Perry melanjutkan, respons bauran kebijakan BI yang bersinergi dengan kebijakan ekonomi nasional akan terus mengawal perekonomian pada tahun 2022.

  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas