Tribun Bisnis

Menparekraf Gagas Festival Film Pendek FSM untuk Wadahi Komunitas Film Lokal

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggagas Family Sunday Movie (FSM) atau festival film pendek sebagai wadah

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Hendra Gunawan
Menparekraf Gagas Festival Film Pendek FSM untuk Wadahi Komunitas Film Lokal
Dennis Destriyawan/Tribunnews.com
Menparekraf Sandiaga Uno saat acara peluncuran program family sunday movies, Senin (29/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggagas Family Sunday Movie (FSM) atau festival film pendek sebagai wadah bagi para pelaku industri perfilman daerah di seluruh Indonesia.

Menparekraf Sandiaga Uno menjelaskan, Festival Family Sunday Movie menjadi wadah bagi para pelaku film di daerah untuk menghasilkan karya-karya orisinil yang berkualitas.

"Dengan diluncurkannya Festival Family Sunday Movie diharapkan menjadi solusi konkret untuk komunitas-komunitas film di daerah," ucap Sandiaga, Senin (29/11/2021).

Baca juga: Sandiaga Uno: Omzet Sewa Transportasi dan Okupansi Hotel Meningkat Saat World Superbike

FSM, diharapkan Sandiaga, dapat menginventaris kembali komunitas film pendek, menjadi ajang berkreasi untuk menampilkan kearifan lokal, membangun kemandirian, membuka ruang ekspresi bagi komunitas filmmaker daerah agar memiliki media publikasi yang difasilitasi oleh Kemenparekraf RI.

“Mari kita memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya agar menjadi solusi di tengah keterbatasan. Bersama kita berkreasi, menciptakan karya-karya hebat, dan bermanfaat supaya lapangan kerja bisa terbuka untuk masyarakat luas," tutur Sandiaga.

Sandiaga berharap, melalui FSM akan semakin banyak film khususnya film pendek tanah air yang diproduksi, karena terbukti film adalah media promosi yang sangat efektif untuk menarik kedatangan wisatawan dan terciptanya lapangan kerja.

Baca juga: Sandiaga: Perlu Bergerak Cepat dan Inovatif-Kreatif untuk Bangkitkan Pariwisata Indonesia

Sandiaga berujar, mulai Januari 2022 para filmmaker dari seluruh wilayah Indonesia dapat mendaftarkan hasil karya berupa film pendek/film dokumenter bertema keluarga, komedi, heroik, kebangsaan, olahraga, inspiratif, motivasi, edukasi, lingkungan, dan sosial dengan background Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia.

Bagi dua film yang terpilih setiap bulannya, berhak mengikuti ajang penghargaan “Festival Family Sunday Movie” yang diadakan setiap tahun.

Untuk pertama kalinya, Family Sunday Movie diluncurkan pada 29 November 2021 secara online, lengkap dengan pemutaran dua film pendek Official Selection Festival Family Sunday Movie 2022 bertajuk ‘Krenteg’ karya sutradara Marjo Klengkam Sulam, produksi Komunitas Desa Cinema Kepunduhan dan ‘We’ karya sutradara Aco Tenriyagelli, produksi Riuh Records.

Baca juga: Sandiaga Uno Akan Tegas Terapkan PPKM Level 3 di Tempat Pariwisata

Dilanjutkan dengan diskusi virtual bersama Sandiaga dan 50 komunitas film pendek daerah, turut dimeriahkan oleh Tumpal Tampubolon selaku penulis dan sutradara film pendek dan Darius Sinathrya, aktor sekaligus pegiat film.

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas