Tribun Bisnis

Menko Airlangga Sebut Kegiatan Olahraga Picu Pemulihan Ekonomi

Airlangga Hartarto menilai akan ada aktivitas ekonomi yang tumbuh dari pelaksanaan Development Basketball League (DBL)

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Muhammad Zulfikar
Menko Airlangga Sebut Kegiatan Olahraga Picu Pemulihan Ekonomi
Humas Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam Tip Off Penyelenggaraan Development Basketball League (DBL) Wilayah Luar Jawa-Bali 2021, di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa (30/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebut kegiatan olahraga menjadi salah satu sektor yang mampu memicu pemulihan ekonomi

Sehingga, Airlangga Hartarto menilai akan ada aktivitas ekonomi yang tumbuh dari pelaksanaan Development Basketball League (DBL), mulai dari industri pakaian olahraga dan perlengkapan pendukungnya. 

Namun, Airlangga memberi catatan untuk pelaksanaan DBL luar Jawa-Bali harus membuat Satgas Covid-19 di setiap kegiatan, agar tidak terjadi kenaikan kasus.

“Saat kasus aktif telah turun, kita tetap tidak boleh lengah dan harus tetap menjaga penegakan prokes agar tidak terjadi lagi kenaikan kasus yang tidak kita harapkan," kata Airlangga, Rabu (1/12/2021).

Gelaran DBL wilayah luar Jawa-Bali pada tahun ini akan dilaksanakan di lima lokasi, di antaranya Banda Aceh, Jayapura, Padang, Manado, dan Jambi.

Kemudian pada tahun depan, dilanjutkan di delapan lokasi yakni Pekanbaru, Samarinda, Banjarmasin, Medan, Bandar Lampung, Pontianak, Kupang, dan Makassar.

Baca juga: Pemerintah Berkomitmen Melakukan Transisi Energi ke EBT

Airlangga berharap gelaran DBL dapat diperluas, agar setiap anak muda dapat memiliki kesempatan yang sama dalam meraih prestasi. 

"Hal yang perlu diperhatikan juga adalah kesiapan fasilitas infrastruktur dan level asesmen pandemi di daerah penyelenggara tersebut,” ucap Airlangga. 

Selain itu, kata Airlangga, gelaran DBL dapat menjadi media pembiasaan bagi para pelajar, masyarakat, dan insan olahraga, untuk selalu menerapkan prokes dalam kesehariannya. 

"Jadikan olahraga sebagai bagian dari pola hidup sehat kita, dan kompetisi ini diperlukan untuk membangun karakter generasi muda bangsa yang kuat dan berjiwa besar," paparnya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas