Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Omzet Fotokopi Anjlok Akibat Pandemi, Jackson Bersyukur Ada Rejeki Jadi AgenBRILink

Jackson mengatakan bahwa hasil omzet keuntungan dari BRILink digunakannya untuk kebutuhan pokok selama pagebluk

Editor: Content Writer
zoom-in Omzet Fotokopi Anjlok Akibat Pandemi, Jackson Bersyukur Ada Rejeki Jadi AgenBRILink
Tribun Medan
Jackson saat melayani nasabah untuk melakukan transaksi keuangan menggunakan BRILink 

TRIBUNNEWS.COM - Pandemi Covid-19 turut berdampak kepada usaha fotokopi milik Jackson, AgenBRILink di Dairi, Sumatera Utara.

Bagaimana tidak, sekolah secara daring hampir 1,5 tahun membuat usaha Jackson terpuruk dengan omzet menurun hingga 50 persen. Namun, Jackson bersyukur lantaran kebutuhan ekonominya dapat ditopang dengan menjadi AgenBRILink. 

"Saat itu memang usaha fotokopi agak menurun lah karena kan sekolah pada tutup. Tapi bersyukurlah saya udah jadi AgenBRILink jadi terbantu dari situ. Apalagi di masa pandemi ini orang lebih suka nontunai bayarnya dibanding tunai," ungkap Jackson, Kamis (2/12/2021).

"Sebagai agen juga, untuk nasabah yang transfer dan tarik uang kita juga selalu imbau agar masyarakat tidak terlalu bebas untuk bersentuhan di kota, ada baiknya kalau mau kirim atau terima uang dari AgenBRILink aja," lanjutnya.

Melihat kondisi semakin membaik, kini usaha fotokopi Jackson sudah mulai membaik ditambah saat ini sekolah sudah mulai dibuka kembali. Ternyata, saat ini juga Jackson kebanjiran orderan penjualan masker dan hand sanitizer dengan bekerjasama dengan sekolah-sekolah dan desa-desa sekitar. 

"Sekarang udah mulai meningkat lagi lah, sekolah sudah bisa buka lagi. Jadi sekarang kita kerjasama dengan sekolah untuk masker sama desa-desa lain juga. Jadi memang disini kita akhirnya kita bisa bangkit lagi," ujarnya.

Sementara itu, walau saat itu ekonominya terbantu sebagai AgenBRILink, ia juga melakukan strategi manajemen keuangan agar dapat bertahan di tengah pandemi.

BERITA TERKAIT

Jackson mengatakan bahwa hasil omzet keuntungan dari BRILink ia atur untuk kebutuhan pokok dan menahan untuk pembelian kebutuhan yang tidak terlalu penting.

"Kalau semasa pandemi ini memang dari BRILink ini biaya hidup kami utamakan yang penting-penting dulu. Kita tahan kebutuhan sekunder agar bisa tercukupi yang lainnya," ucapnya.

"Untuk saat ini memang kemampuan kita untuk bertahan memang ditopang dari AgenBRILink ini," pungkasnya.

Punya cerita menarik tentang UMKM di sekitarmu? Kamu juga bisa membagikan cerita tersebut kepada orang banyak, lho!

Caranya dengan ikutan blogging competition Lokal Bercerita Tribunnews dan BRI.

Akan ada hadiah hingga jutaan rupiah yang menantimu bercerita tentang UMKM lokal yang menginspirasi.

Yuk, kunjungi lokalbricerita.id untuk informasi lebih lanjut!

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas