Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Dijadikan Pusat Angkutan Kargo, Bandara Kertajati Majalengka Bakal Bergairah

Bambang Soesatyo mengatakan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka bakal kembali menggeliat dengan hadirnya angkutan kargo yang

Penulis: Toni Bramantoro
zoom-in Dijadikan Pusat Angkutan Kargo, Bandara Kertajati Majalengka Bakal Bergairah
Dok. pribadi
Bambang Soesatyo (dua dari kiri) meresmikan penerbangan kargo Asia Cargo Airlines pertama di Bandara Kertajati Majalengka, Selasa (20/12/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, MAJALENGKA - Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo mengatakan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka ditetapkan sebagai pusat pengangkutan logistik di Indonesia. Dengan demikian Bandara tersebut bakal kembali bergairah.

"Proses layanan perdana kargo ini bisa menarik banyak lagi perusahaan kargo yang akan menggunakan Bandara ini sehingga operasional Bandara bisa bergairah kembali di tengah pandemi Covid-19," ungkap Bambang Soesatyo usai meresmikan penerbangan kargo Asia Cargo Airlines pertama di Bandara Kertajati Majalengka, Selasa (20/12/2021).

Sebelum kegiatan perdana kargo dari Asia Cargo Airlines di resmikan, CEO Group Asia Cargo Airlines Marco Isaak mengatakan ada beberapa tantangan yang akan dihadapi kala melakukan penerbangan logistik melalui bandara yang diresmikan pada Mei 2018 tersebut.

"Pertama, letak bandara lebih jauh dibanding Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma yang membuat penerbangan dari dan menuju bandara memiliki biaya lebih. Kedua, jam operasional bandara yang masih terbatas. Ketiga, fasilitas gudang kargo yang belum sepenuhnya beroperasi. Dan Keempat, jarak tempuh transportasi logistik darat yang lebih panjang," jelas Marco Isaak dihadapan Bambang Soesatyo, perwakilan Pemprov Jawa Barat, perwakilan Kemenhub dan Direktur PT. BIJB Muhammad Singgih serta Presiden Direktur JNE, M Feriadi Soeprapto.

Diakuinya, membutuhkan proses yang tidak sebentar untuk menjadikan BIJB Kertajati sebagai pusat pengangkutan logistik di Indonesia.

"JNE menjadi pihak pertama yang mendukung pembukaan penerbangan logistik dari BJIB Kertajati setelah menjadi pengguna jasa Asia Cargo Airlines perdana," tuturnya.

Pesawat Asia Cargo Airlines yang mulai take off perdana hari ini, Selasa (21/12/2021).
Pesawat Asia Cargo Airlines yang mulai take off perdana hari ini, Selasa (21/12/2021).

Sebagai komitmen, Asia Cargo Airlines akan menambah jumlah pesawat kargo untuk operasi domestik dan internasional dalam waktu dekat. Asia Cargo Airlines juga memutuskan untuk tidak membebankan customer, seperti PT JNE, dengan biaya-biaya tambahan yang hadir dari penggunaan BJIB Kertajati.

BERITA REKOMENDASI

Marco berharap akan ada kerjasama pihaknya bersama pemerintah, PT BIJB, dan Pertamina di masa mendatang untuk mengurangi biaya operasi demi kemajuan bandara.

“Saya mengundang kepada semua customers Asia Cargo Airlines untuk dapat meramaikan penerbangan kargo di BJIB Kertajati sehingga bisa memberikan dampak positif dalam menunjang perekonomian di Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Barat,”  tutur Marco Isaak.

Senada dengan Marco, Bambang Soesatyo mengatakan bahwa hal itu merupakan langkah awal mendorong keberadaan Bandara Kertajati kembali ramai.

"Harapan saya hal ini agar dilakukan secara kerkesinambungan dan tidak hanya dilaksanakan sendiri oleh Asia Cargo Airlines, namun bisa dimanfaatkan oleh perusahaan kargo lainnya sehingga dampak ekonominya bagi masyarakat setempat semakin besar. Semoga akan ada peminat lain," urai Bambang Soesatyo

Sementara itu, Direktur Operasional Asia Cargo Airlines, Capt. Atiq M Amin S.SIT menjelaskan direncanakan frekuensi penerbangan pihaknya dari Bandara Kertajati setiap hari akan ada dua kali penerbangan kargo.

"Dengan perincian satu kali penerbangan outgoing dan satu kali penerbangan incoming selama lima hari dalam satu minggunya. Shingga total penerbangan Asia Cargo Airlines setiap bulannya adalah 40 penerbangan yang terdiri dari 20 penerbangan outgoing dan 20 penerbangan incoming dengan muatan rata-rata 500 ton perbulannya," papar Atiq M Amin.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas