Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kinerja Penyaluran Kredit Perbankan di November 2021 Tercatat Rp 5.694 Triliun, Tumbuh 4,4 Persen

Merujuk data uang beredar, angka tersebut tumbuh positif 4,4 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy).

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Kinerja Penyaluran Kredit Perbankan di November 2021 Tercatat Rp 5.694 Triliun, Tumbuh 4,4 Persen
Medan Tribunnews.com
Bank Indonesia. Kinerja Penyaluran Kredit Perbankan di November 2021 Tercatat Rp 5.694 Triliun, Tumbuh 4,4 Persen 

Laporan Wartawan Tribunnews, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bank Indonesia dalam laporannya menyebutkan, penyaluran kredit perbankan pada November 2021 sebesar Rp 5.694,9 triliun.

Merujuk data uang beredar, angka tersebut tumbuh positif 4,4 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy).

"Kredit yang disalurkan oleh perbankan pada November 2021 menunjukkan tren positif," jelas Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono dikutip dalam keterangannya, Minggu (26/12/2021).

Baca juga: Bank DKI Salurkan Kredit Rp 1,2 Triliun ke Ancol, Tegaskan Tak Terkait Formula E

Erwin menjelaskan, akselerasi pertumbuhan kredit terjadi pada debitur perorangan.

Kredit kepada perorangan pada November 2021 tumbuh menjadi sebesar 8,4 persen (yoy), dari bulan sebelumnya yang sebesar 5,6 persen (yoy).

Sementara itu, kredit kepada korporasi mencatat perlambatan dari 1,1 persen (yoy) pada Oktober 2021 menjadi 0,9 persen (yoy).

BERITA REKOMENDASI

Berdasarkan jenis penggunaannya, perkembangan penyaluran kredit pada November 2021 dipengaruhi oleh penyaluran Kredit Investasi (KI), Kredit Modal Kerja (KMK) dan Kredit Konsumsi (KK).

Erwin kembali melanjutkan, KMK kembali tumbuh menguat, dari 4,4 persen (yoy) pada Oktober 2021 menjadi 5,0 persen (yoy) pada November 2021.

Kinerja KMK terutama didorong sektor pengolahan serta perdagangan, hotel, dan restoran (PHR).

Untuk kinerja kredit investasi (KI) pada November 2021 tumbuh 3,5 persen (yoy), berbalik arah dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar -0,2 persen (yoy).

Baca juga: Sokong Ketahanan Pangan Nasional, BUMD DKI Salurkan Kredit Rp1,1 Triliun ke BUMN Bidang Pangan

Pertumbuhan ini sejalan dengan akselerasi penyaluran KI pada sektor pertanian, peternakan, kehutanan, dan perikanan serta sektor industri pengolahan.

Sementara itu, untuk pertumbuhan Kredit Konsumsi (KK) juga tercatat mengalami akselerasi, dari 3,8 persen (yoy) pada Oktober 2021, menjadi 4,1 persen (yoy).

Perbaikan kredit konsumsi ini ditopang oleh akselerasi penyaluran kredit multiguna.

Dan untuk penyaluran kredit kepada UMKM pada November 2021 masih tumbuh positif sebesar 3,1 persen (yoy), meningkat dari bulan sebelumnya sebesar 2,6 persen (yoy).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas