Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Bensin Di Atas 170 Yen Per Liter, Jepang Tekan Kenaikan Dengan Melakukan Pengendalian Harga

Sesuai janji pemerintah, akan segera lakukan pengendalian harga termasuk subsidi bagi grosir SPBU Jepang.

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Bensin Di Atas 170 Yen Per Liter, Jepang Tekan Kenaikan Dengan Melakukan Pengendalian Harga
istimewa
Menteri ekonomi industri dan perdagangan Jepang Koichi Hagiuda Senin ini dalam seminar online buat Asean 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Kemarin (24/1/2022) harga bensin di Jepang mencapai angka 170,2 yen  per liter. Sesuai janji pemerintah, akan segera lakukan pengendalian harga termasuk subsidi bagi grosir SPBU Jepang.

"Kita akan menerapkan langkah-langkah pengendalian harga untuk mengekang kenaikan harga bahan bakar seperti bensin dan minyak tanah untuk pertama kalinya. Tujuannya adalah untuk mencegah harga tinggi dari menghambat ekonomi Jepang, yang pulih dari virus corona baru," ungkap Koichi Hagiuda, Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri (METI) seusai pertemuan Kabinet Selasa (25/1/2022).




Tindakan tersebut tidak biasa bagi pemerintah untuk mensubsidi dan campur tangan dalam penetapan harga pasar.

Langkah-langkah pengendalian termasuk dalam langkah-langkah ekonomi tambahan tahun lalu, dan diaktifkan ketika harga eceran rata-rata nasional bensin reguler melebihi 170 yen per liter.

Pada tanggal 24 Januari, harga mencapai  170,2 yen, melebihi 170 yen untuk pertama kalinya dalam sekitar 13 tahun dan 4 bulan sejak September 2008, ketika dilanda guncangan Lehman.

Jika pemerintah mensubsidi perusahaan grosir minyak, itu akan tercermin dalam harga grosir ke SPBU mulai tanggal 27 Januari mendatang, dan harga eceran bisa turun.

BERITA TERKAIT

Sebagai langkah pengekangan, pemerintah akan memberikan perusahaan grosir minyak dengan maksimal 5 yen per liter.

Menurut pengumuman pada tanggal 25 Januari ini, jumlah pembayaran akan menjadi 3,4 yen, termasuk jumlah yang diperkirakan akan meningkat di masa depan. Tidak hanya bensin, tapi juga minyak ringan, minyak tanah, dan minyak berat.

Jumlah subsidi yang dibayarkan kepada perusahaan grosir minyak akan ditinjau setiap minggu berdasarkan tren di pasar minyak mentah.

Pemerintah telah menganggarkan 80 miliar yen dalam anggaran tambahan untuk tahun anggaran 2021 (berakhir 31 Maret 2022) sebagai sumber daya keuangan. meskipun demikian  harga minyak mentah tetap pada tingkat tinggi di kisaran 80 USD per barel, dan ada kemungkinan bahwa tindakan pengendalian akan diterapkan untuk waktu yang lama.

Membuat janji perusahaan penjualan asli untuk menjual ke pengecer seperti SPBU dengan harga grosir yang dikurangi dengan jumlah yang setara dengan subsidi yang diberikan.

 Pemerintah juga memeriksa tren harga eceran, tetapi terserah masing-masing toko untuk memutuskan apakah SPBU akan mencerminkan harga grosir yang ditekan oleh subsidi harga eceran. Karena itu, tidak jelas apakah konsumen benar-benar akan diuntungkan.

Tujuan dari tindakan pengendalian ini adalah untuk mengekang kenaikan di masa depan, dan Tsutomu Sugimori (Ketua ENEOS Holdings) dari Asosiasi Perminyakan Jepang mengatakan pada konferensi pers reguler kemarin (24/1/2022),  "Untuk mengurangi kenaikan (harga) yang tiba-tiba. Penting untuk dijelaskan dengan tegas bahwa itu adalah tindakan   pemerintah dan bukan tindakan untuk menurunkannya," tekannya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas