Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Neraca Perdagangan Surplus, BI: Berkontribusi Positif Jaga Ketahanan Eksternal Perekonomian Nasional

BI memandang surplus neraca perdagangan tersebut berkontribusi positif dalam menjaga ketahanan eksternal perekonomian Indonesia.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Neraca Perdagangan Surplus, BI: Berkontribusi Positif Jaga Ketahanan Eksternal Perekonomian Nasional
Medan Tribunnews.com
Bank Indonesia 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Data Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan, neraca perdagangan Indonesia Januari 2022 kembali mencatat surplus mencapai 930 juta dolar AS, meskipun sedikit lebih rendah dibandingkan dengan surplus bulan sebelumnya sebesar 1,00 miliar dolar AS.

Bank Indonesia (BI) menyebutkan, dengan perkembangan tersebut, neraca perdagangan Indonesia terus mencatat surplus sejak Mei 2020.

BI memandang surplus neraca perdagangan tersebut berkontribusi positif dalam menjaga ketahanan eksternal perekonomian Indonesia.

Baca juga: Bank Universal BPR Salurkan Kredit Sindikasi Bersama 10 BPR

“Ke depan, Bank Indonesia terus memperkuat sinergi kebijakan dengan Pemerintah dan otoritas terkait untuk meningkatkan ketahanan eksternal serta mendukung pemulihan ekonomi nasional,” ungkap Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono di Jakarta, Selasa (15/2/2022).

Erwin mengatakan, surplus neraca perdagangan Januari 2022 bersumber dari surplus neraca perdagangan nonmigas yang tetap tinggi di tengah defisit neraca perdagangan migas yang menurun.

Pada Januari 2022, surplus neraca perdagangan nonmigas sebesar 2,26 miliar dolar AS, lebih rendah dibandingkan dengan surplus pada Desember 2021 sebesar 3,29 miliar dolar AS.

BERITA REKOMENDASI

Ekspor nonmigas pada Januari 2022 tercatat sebesar 18,26 miliar dolar AS, lebih rendah dibandingkan dengan capaian pada bulan sebelumnya sebesar 21,27 miliar dolar AS.

Tetap positifnya kinerja ekspor nonmigas tersebut didukung oleh ekspor komoditas berbasis sumber daya alam, seperti biji logam dan logam mulia serta produk manufaktur, termasuk bahan kimia anorganik dan alas kaki, yang meningkat.

Ditinjau dari negara tujuan, ekspor nonmigas ke Tiongkok, Amerika Serikat, dan Jepang tetap tinggi seiring dengan pemulihan permintaan global.

Baca juga: Dianggap Mirip Skema Ponzi, Petinggi Bank Sentral India Usulkan Pelarangan Pada Cryptocurrency

Adapun impor nonmigas masih kuat pada seluruh komponen, sejalan dengan perbaikan ekonomi domestik yang berlanjut.

Sementara itu, defisit neraca perdagangan migas turun dari 2,28 miliar dolar AS pada Desember 2021 menjadi 1,33 miliar dolar AS pada Januari 2022, sejalan dengan impor migas yang tetap tinggi di tengah penurunan ekspor migas.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas