Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Sanksi Ekonomi Mulai Berimbas, Warga Rusia Kesulitan Ambil Dolar di ATM dan Akses Apple Pay Ditutup

Sanksi ekonomi yang diterapkan oleh negara-negara Barat kepada Rusia, kini sudah mulai mengganggu kehidupan warganya.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Sanksi Ekonomi Mulai Berimbas, Warga Rusia Kesulitan Ambil Dolar di ATM dan Akses Apple Pay Ditutup
AFP/KIRILL KUDRYAVTSEV
Petugas polisi menahan seorang wanita selama protes terhadap invasi Rusia ke Ukraina di Moskow pada 24 Februari 2022. - Presiden Rusia Vladimir Putin meluncurkan invasi skala penuh ke Ukraina pada hari Kamis, menewaskan puluhan dan memicu peringatan dari para pemimpin Barat tentang sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Serangan udara Rusia menghantam instalasi militer di seluruh negeri dan pasukan darat bergerak dari utara, selatan dan timur, memaksa banyak warga Ukraina mengungsi dari rumah mereka karena suara bom. (Photo by Kirill KUDRYAVTSEV / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM -- Sanksi ekonomi yang diterapkan oleh negara-negara Barat kepada Rusia, kini sudah mulai mengganggu kehidupan warganya.

Sejumlah warga di Rusia mulai mengkhawatirkan embargo ekonomi yang di antaranya adalah transaksi perbankan bisa membuat kehidupan mereka memburuk.

Mata uang Rubel kini tumbang, sedangkan uang dolar AS sulit didapatkan dari mesin ATM.

Mereka mengkhawatirkan sanksi ekonomi negara-negara Barat bakal membuat Rusia mengalami krisis ekonomi yang pernah terjadi pada masa Presiden Boris Yeltsin tahun 1998 lalu.

Negara-negara Barat melakukan embargo ekonomi setelah Rusia melakukan agresinya ke negara tetangganya Ukraina pada pertengahan pekan lalu.

“Jika saya bisa meninggalkan Rusia sekarang, saya akan melakukannya. Tapi saya tidak bisa berhenti dari pekerjaan saya," kata Andrey.

Dia tidak mampu untuk mendapatkan hipotek di Moskow sekarang suku bunga telah dinaikkan.

BERITA TERKAIT

Jutaan orang Rusia seperti dia mulai merasakan efek sanksi ekonomi Barat yang dirancang untuk menghukum negara itu karena menyerang negara tetangga Ukraina.

Baca juga: Dua Oligarki Rusia Serukan Agar Perang di Ukraina Segera Diakhiri

"Saya berencana mencari pelanggan baru di luar negeri secepatnya dan pindah dari Rusia dengan uang yang saya tabung untuk cicilan pertama," kata desainer industri berusia 31 tahun itu.

"Saya takut di sini - orang telah ditangkap karena berbicara menentang 'garis partai'. Saya merasa malu dan saya bahkan tidak memilih mereka yang berkuasa."

Seperti orang lain yang diwawancarai untuk artikel ini, kami tidak menggunakan nama lengkapnya atau menunjukkan wajahnya untuk alasan keamanan. Beberapa nama telah diubah.

Sanksi Barat mendukung Ukraina yang diserbu tentara Rusia minggu lalu

Sanksi yang sekarang menghantam Rusia digambarkan sebagai perang ekonomi - sanksi itu bertujuan untuk mengisolasi negara itu dan menciptakan resesi yang dalam di sana. Para pemimpin Barat berharap langkah-langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya akan membawa perubahan dalam pemikiran di Kremlin.

Baca juga: Kecoh Tentara Rusia, Ukraina Cabut Semua Rambu Jalan di Wilayahnya

Orang Rusia biasa menghadapi melihat tabungan mereka habis. Kehidupan mereka sudah terganggu.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas