Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Rusia Tuduh, di Balik Sanksi Ekonomi Karena AS Ingin Kuasai Pasar Minyak dan Gas di Eropa

Ketua Majelis Rendah Rusia, Duma, Vyacheslav Volodin mengatakan sanksi ekonomi oleh Eropa terhadap Rusia akan membebani bisnis

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Rusia Tuduh, di Balik Sanksi Ekonomi Karena AS Ingin Kuasai Pasar Minyak dan Gas di Eropa
AFP/SERGEI SUPINSKY
Seorang penduduk setempat berbicara dengan anggota Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina, cadangan militer Angkatan Bersenjata Ukraina, di samping rintangan anti-tank di pusat Kyiv pada 7 Maret 2022. (Photo by Sergei SUPINSKY / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM – Ketua Majelis Rendah Rusia, Duma, Vyacheslav Volodin mengatakan sanksi ekonomi oleh Eropa terhadap Rusia akan membebani bisnis dan warga biasa negara-negara Uni Eropa dan hanya bermanfaat bagi Amerika Serikat.

"Jelas, dengan mendorong sanksi terhadap energi Rusia, Washington berusaha menduduki pasar Eropa. Bagian minyak Amerika yang dikirim ke Eropa adalah 8% dan bagian gas adalah 6%. Pertumbuhan harga energi juga merupakan bagian dari rencana ini.

Semua biaya akan dibayar di masa depan oleh negara-negara UE, yang harus membeli bahan bakar fosil dari AS dengan harga yang jauh lebih tinggi. Semua ini akan ditanggung oleh perusahaan dan warga Eropa," tulis Volodin di saluran Telegram-nya pada Selasa (8/3/2022).

Baca juga: 15 Kapal Rusia Siap Bendung 2 Kapal Perusak AS yang Telah Memasuki Laut Baltik

Diberitakan Interfax, Rusia saat ini merupakan pengekspor utama minyak dan gas ke UE, masing-masing saham menjadi 45% dan 27%, sementara AS mendorong Eropa untuk berhenti mengimpor energi Rusia, yang merugikan Eropa sendiri, kata Volodin.

Selain itu, dengan memaksa perusahaan internasional untuk bergabung dengan sanksi terhadap Rusia, otoritas AS dan UE memberikan pukulan bagi bisnis, kata Volodin. Setelah meninggalkan pasar Rusia, tidak akan mudah untuk kembali, seperti yang terlihat dari catatan tahun 2014, katanya.

"Sangat penting hari ini bagi pemerintah dan Duma Negara untuk menemukan solusi untuk mempertahankan pekerjaan rakyat kita di segmen pasar yang dikosongkan oleh perusahaan asing. Dan mungkin ada pendekatan yang sangat berbeda untuk ini," katanya.

Baca juga: Artis NFT Asal Rusia Bakar Paspornya Demi Mendukung Ukraina

Andrei Turchak, sekretaris Dewan Umum Partai Rusia Bersatu, sebelumnya mengusulkan agar aset manufaktur perusahaan asing yang telah memutuskan untuk meninggalkan Rusia di tengah operasi khusus yang dilakukan oleh Angkatan Bersenjata Rusia dinasionalisasi.

Anggota layanan Ukraina terlihat di lokasi pertempuran dengan kelompok penyerang Rusia di ibukota Ukraina, Kyiv, pada pagi hari 26 Februari 2022, menurut personel layanan Ukraina di tempat kejadian. - Tentara Ukraina memukul mundur serangan Rusia di ibu kota, kata militer pada 26 Februari setelah Presiden Volodymyr Zelensky yang membangkang bersumpah bahwa negaranya yang pro-Barat tidak akan ditundukkan oleh Moskow. Ini dimulai pada hari ketiga sejak pemimpin Rusia Vladimir Putin melancarkan invasi skala penuh yang telah menewaskan puluhan orang, memaksa lebih dari 50.000 orang meninggalkan Ukraina hanya dalam 48 jam dan memicu kekhawatiran akan konflik yang lebih luas di Eropa. (Photo by Sergei SUPINSKY / AFP)
Anggota layanan Ukraina terlihat di lokasi pertempuran dengan kelompok penyerang Rusia di ibukota Ukraina, Kyiv, pada pagi hari 26 Februari 2022, menurut personel layanan Ukraina di tempat kejadian. - Tentara Ukraina memukul mundur serangan Rusia di ibu kota, kata militer pada 26 Februari setelah Presiden Volodymyr Zelensky yang membangkang bersumpah bahwa negaranya yang pro-Barat tidak akan ditundukkan oleh Moskow. Ini dimulai pada hari ketiga sejak pemimpin Rusia Vladimir Putin melancarkan invasi skala penuh yang telah menewaskan puluhan orang, memaksa lebih dari 50.000 orang meninggalkan Ukraina hanya dalam 48 jam dan memicu kekhawatiran akan konflik yang lebih luas di Eropa. (Photo by Sergei SUPINSKY / AFP) (AFP/SERGEI SUPINSKY)
BERITA REKOMENDASI

Kedutaan Rusia untuk Amerika Serikat telah memperingatkan dalam sebuah komentar bahwa larangan impor energi Rusia akan berdampak negatif pada kepentingan perusahaan dan konsumen di AS sendiri.

"Penolakan sumber daya kami juga akan menyebabkan volatilitas besar di pasar energi global dan akan berdampak negatif pada kepentingan perusahaan dan konsumen, terutama di AS sendiri," kata kedutaan.

“Rusia memiliki tujuan alternatif untuk memasok produk kami yang berkualitas tinggi dan kompetitif. Sudah waktunya bagi pihak Amerika untuk menyadari ilusi upaya untuk mendikte keinginannya dan memaksa kami untuk berhenti membela kepentingan nasional kami dengan menggunakan tongkat sanksi, " itu berkata.

Baca juga: Tentara Rusia yang Frustasi Menembak Secara Acak hingga Menewaskan Bocah Berusia 10 Tahun

“Tekanan sanksi AS terhadap Rusia melampaui semua batas politik dan ekonomi yang masuk akal sejak lama,” dan beberapa minggu terakhir telah menunjukkan ini dengan sangat jelas, katanya.

"Keputusan Washington hari ini untuk melarang pembelian minyak, produk minyak bumi, gas alam, dan batu bara dari Rusia termasuk dalam kategori yang sama. Tujuannya adalah untuk menunjukkan kesiapannya mengorbankan kepentingannya sendiri untuk memberikan pukulan yang lebih menyakitkan bagi negara kita.

Sebagai biasa, AS tidak peduli bahwa pembatasan selalu menjadi senjata bermata dua. Orang Amerika biasa mengalami kenaikan harga untuk bensin, energi listrik, dan pemanas, dan mereka akan lebih menderita dengan pengenaan sanksi baru, "kata kedutaan .

Krisis Energi

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas