Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

PLN Targetkan Pembangunan GIS 150 kV Duren Tiga II Rampung 2023

PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (PLN UIP JBB) terus melakukan pembangunan, salah satunya adalah GIS 150 kV Duren Tiga II

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in PLN Targetkan Pembangunan GIS 150 kV Duren Tiga II Rampung 2023
Istimewa
Ilustrasi PLN. PLN Targetkan Pembangunan GIS 150 kV Duren Tiga II Rampung 2023 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (PLN UIP JBB) terus melakukan pembangunan, salah satunya adalah Gas Insulated Substation (GIS) 150 kV Duren Tiga II.

GIS 150 kV Duren Tiga II ditargetkan selesai pada tahun 2023. General Manager PLN UIP JBB Octavianus Padudung menerangkan, saat ini telah terbit Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dari Pemerintah Kota Jakarta Selatan.




“Selanjutnya adalah tahapan sosialisasi pemberitahuan pelaksanaan pekerjaan ke pihak pemerintah setempat dan warga sekitar proyek," ujar Octavianus dalam keterangannya, Jumat (11/3/2022).

Baca juga: Kebutuhan Listrik di Jakarta Meningkat, PLN Bangun SUTET 500 kV Duri Kosambi–Muara Karang

Di satu sisi, skema aktivitas harian masyarakat yang banyak dilakukan di rumah, seperti Work From Home atau sekolah secara daring, membuat GI eksisting berpotensi menuju beban puncak dan overload.

“Karena konsumsi Rumah Tangga menjadi semakin tinggi dengan meningkatnya aktivitas di dalam rumah,” ujar Octavianus.

Untuk itu, pembangunan GIS 150 kV Duren Tiga II harus segera dilaksanakan sebagai tambahan penguatan daya di lokasi tersebut.

BERITA TERKAIT

Sementara di sisi lain, memiliki sejumlah titik yang menjadi sentra ekonomi dan bisnis, Jakarta Selatan serta Jakarta Timur memiliki kebutuhan listrik yang terus meningkat pesat dari tahun ke tahun.

“Itulah sebabnya mengapa proyek ini sangat penting, karena menyangkut kebutuhan masyarakat dan industri sebagai penggerak ekonomi bangsa,” lanjut Octavianus.

Baca juga: Pertamina Lubricants Pasok Pelumas ke PLN

Terlebih, lanjut dia, dengan semakin membaiknya kondisi pandemi Covid-19, perekonomian Indonesia semakin menggeliat.

"Sebagai pusat bisnis, kelistrikan Jakarta harus terus ditingkatkan keandalannya untuk menyokong pesatnya pertumbuhan ini,” imbuhnya.

Ia meneruskan, saat ini kondisi Gardu Induk banyak yang sudah mencapai beban puncak. Jika demand listrik terus naik, maka akan terjadi overload yang dapat berakibat pada menurunnya keandalan penyaluran listrik.

“Jika sampai terjadi, maka kualitas penyaluran listrik ke pelanggan dapat terganggu,” ujarnya.

Mendapat pasokan listrik dari GI 150 kV Cawang dan GI 150 kV Depok, pembangunan GIS 150 kV Duren Tiga II ini diharapkan dapat selesai sesuai dengan target.  

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas