Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kemenhub Gelar Program Mudik Gratis ke 14 Kota, Berikut Ini Cara dan Syarat Mengikutinya

Kemenhub melayani mudik gratis ke 14 kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur menggunakan armada bus. Pemudik juga bisa mendapatkan angkutan motor gratis.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Kemenhub Gelar Program Mudik Gratis ke 14 Kota, Berikut Ini Cara dan Syarat Mengikutinya
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Ilustrasi mudik gratis - Kemenhub Gelar Program Mudik Gratis ke 14 Kota, Berikut Ini Cara dan Syarat Mengikutinya 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah pada periode lebaran 2022 tidak melarang masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik.

Selain itu masyarakat yang ingin mudik ke wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah dari Jakarta atau Jabodetabek dapat mengikuti program mudik gratis dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kemenhub melayani mudik gratis ke 14 kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur menggunakan armada bus. Pemudik juga bisa mendapatkan angkutan motor gratis.

Baca juga: Tol Cikampek Jadi Titik Kepadatan Mudik Lebaran, Satu Arah dan Ganjil Genap Bakal Diterapkan

Untuk mengikuti program mudik gratis ini, masyarakat harus mengantongi sertifikat vaksinasi. Untuk yang sudah mendapatkan vaksinasi booster tidak perlu menunjukkan hasil test negatif PCR atau antigen.

Sementara itu untuk yang baru mendapatkan vaksinasi dosis kedua, diwajibkan menunjukkan hasil tes negatif antigen.

Kemudian yang baru mendapatkan vaksinasi dosis pertama, diwajibkan untuk menunjukkan hasil tes negatif PCR test.

BERITA TERKAIT

Program mudik gratis ini diproyeksikan dapat mengangkut 21.000 orang dan juga 1.100 sepeda motor milik pemudik dengan 700 armada bus dan truk.

Mudik gratis ini akan melayani perjalanan pada arus mudik ke 14 kota tujuan, yaitu Tegal, Semarang, Demak, Kudus, Boyolali, Solo dan Klaten.

Suasana arus penumpang bus AKAP di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang, Banten, yang akan berangkat menuju sejumlah kota di Pulau Jawa, Sabtu (16/4/2022). Calon penumpang sengaja memilih mudik lebih awal untuk menghindari kemacetan dan menyiasati kenaikan harga tiket bus. Warta Kota/Nur Ichsan
Suasana arus penumpang bus AKAP di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang, Banten, yang akan berangkat menuju sejumlah kota di Pulau Jawa, Sabtu (16/4/2022). Calon penumpang sengaja memilih mudik lebih awal untuk menghindari kemacetan dan menyiasati kenaikan harga tiket bus. Warta Kota/Nur Ichsan (Warta Kota/Nur Ichsan)

Kemudian ke Wonogiri, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, Wonosobo, Kebumen dan Purwokerto.

Sementara itu untuk arus balik akan berangkat dari lima kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur menuju Jakarta yaitu dari Yogyakarta, Solo, Wonogiri, Semarang dan Purwokerto.

Pendaftaran program mudik gratis ini dibuka sejak 10 April 2022 hingga 24 April 2022. Untuk mendaftar masyarakat dapat membuka webisite mudikgratishubdat.dephub.go.id atau melalui layanan informasi di nomor telepon 081255554715.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, nantiya sekitar 21.000 masyarakat dari wilayah Jabodetabek akan diangkut ke sejumlah wilayah di Pulau Jawa.

“Sebelumnya, kami hanya sediakan 350 unit bus dan hanya bisa menampung 10.500 masyarakat. Kini kami perbanyak menjadi dapat mengangkut 21.000 masyarakat,” ujar Budi.

Baca juga: Angkutan Mudik Gratis Kemenhub Melayani Perjalanan ke 14 Kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas