Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Tak Hanya Penumpang KA, Angkutan Motor Gratis Bisa Dimanfaatkan Pemudik yang Menggunakan Bus

Angkutan Motis ini, secara perdana telah mengirimkan 140 unit motor dari Stasiun Jakarta Gudang pada 26 April 2022 yang akan dibagi

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Tak Hanya Penumpang KA, Angkutan Motor Gratis Bisa Dimanfaatkan Pemudik yang Menggunakan Bus
TribunJakarta.com/Suci Febriastuti
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zulfikri menegaskan bahwa angkutan motor gratis saat periode Lebaran 2022 tidak hanya untuk calon penumpang Kereta Api (KA).

“Angkutan Motis ini, bisa dimanfaatkan masyarakat yang ingin mudik meski bukan menggunakan layanan KA jarak jauh,” ucap Zulfikri, Rabu (27/4/2022).

Menurutnya, masyarakat yang mudik dengan bus, travel atau bahkan pesawat bisa mengikuti program Motis ini. Tidak hanya untuk mudik saja, tapi saat balik pun masyarakat bisa memanfaatkan angkutan Motis ini.

Baca juga: Damri Kerahkan 200 Bus untuk Mudik Gratis ke Jawa dan Sumatera

“Syaratnya nanit masyarakat yang melakukan perjalanan mudik di luar dengan KA jarak jauh harus menunjukkan tiket transportasi yang dimiliki serta tujuannya dan satu tiket berlaku untuk satu motor,” kata Zulfikri.

Angkutan Motis ini, secara perdana telah mengirimkan 140 unit motor dari Stasiun Jakarta Gudang pada 26 April 2022 yang akan dibagi dalam dua keberangkatan yaitu jalur KA selatan dan utara.

Dari total sepeda motor yang diangkut yaitu 60 untuk rangkaian KA jalur utara dan 80 untuk KA jalur selatan jadi total ada 140 unit motor hari ini yang diberangkatkan.

Baca juga: Mau Mudik? Simak Tarif Tol Trans Sumatra dan Trans Jawa

BERITA REKOMENDASI

“Kemudian untuk tanggal 28,29,30 April 2022, akan ada 400 unit motor yang akan dikirim melalui jalur utara dan juga selatan,” ucap Zulfikri.

Kemudian terkait kuota angkutan motis ini, Kemenhub melalui Ditjen Perkeretaapian yang bersinergi dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyediakan 9.280 kuota angkutan Motis untuk pemudik.

“Saat ini, kuota angkutan Motis ini sudah terisi sekitar 2.700 unit untuk periode arus mudik yaitu 26-30 April 2022,” ujar Zulfikri.

Zulfikri juga berharap masyarakat dapat memanfaatkan program angkutan Motis ini, sehingga dapat mengurangi penggunaan sepeda motor untuk perjalanan mudik.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas