Tribun Bisnis

Kebakaran di Kilang Minyak Balikpapan

Update Korban Kebakaran di Area Kilang Balikpapan: 3 Pekerja Masih Dirawat dan Satu Meninggal

Kebakaran di area Kilang Balikpapan PT Kilang Pertamina Internasional pada Minggu (15/5/2022), telah mengakibatkan satu orang meninggal dunia. 

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Update Korban Kebakaran di Area Kilang Balikpapan: 3 Pekerja Masih Dirawat dan Satu Meninggal
KOMPAS.com/AHMAD RIYADI
Kilang minyak milik Pertamina di Balikpapan, Kalimantan Timur, mengalami kebakaran pada Minggu (15/5/2022). Update Korban Kebakaran di Area Kilang Balikpapan: 3 Pekerja Masih Dirawat dan Satu Meninggal 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kebakaran di area Kilang Balikpapan PT Kilang Pertamina Internasional pada Minggu (15/5/2022), telah mengakibatkan satu orang meninggal dunia. 

Area Manager Comm, Relation & CSR Kilang Balikpapan Ely Chandra mengatakan, tiga orang mengalami luka bakar merupakan pekerja Pertamina dan saat ini tengah dilakukan upaya perawatan maksimal di RS Pertamina Balikpapan

Kemudian, dua orang korban yang terpapar panas merupakan pekerja dari kontraktor telah selesai perawatan di klinik, dan sudah kembali ke rumah masing-masing.

Baca juga: Kilang Minyak di Balikpapan Terbakar, Bagaimana dengan Suplai BBM?

"Untuk kondisi pekerja yang terkena luka bakar dalam keadaan sadar, dan sudah jauh membaik. Namun tetap akan dilakukan monitoring," kata Ely saat dihubungi, Senin (16/5/2022).

Terkait korban satu orang meninggal dunia yang merupakan pekerja kontraktor, Ely menyampaikan Pertamina akan memberikan penanganan maksimal hingga proses pemakaman selesai.

"Tentunya ada tanggung jawab penuh dari perusahaan tempat yang bersangkutan bekerja. Namun dengan kewajiban secara kemanusiaan, kami akan memastikan almarhum mendapat penanganan yang optimal hingga pemakaman," paparnya.

Kilang Balikpapan.
Kilang Balikpapan. (dok. Pertamina)

Tim Labfor Polri Hari Ini Diterjunkan ke Lokasi Kebakaran

Kepolisian bakal menurunkan tim laboratorium forensik untuk menyelidiki kebakaran yang terjadi di kawasan kilang PT Kilang Pertamina Internasional Balikpapan, Minggu (15/5/2022) pagi.

Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Yusuf Sutejo mengatakan pihaknya belum bisa memastikan asal muasal insiden kebakaran tersebut.

Kata Yusuf, masih perlu dilakukan penyelidikan terlebih dahulu.

Baginya, masih terlalu dini untuk bisa mengetahui penyebab kebakaran yang terjadi bukan sekali ini.

"Belum ada identifikasi. Terlalu dini menyimpulkan penyebab kebakaran," kata Yusuf saat dihubungi melalui sambungan seluler, Minggu malam.

Dirinya menambahkan, Tim Inafis Laboratorium Forensik (Labfor) Mabes Polri Cabang Surabaya akan dihadirkan untuk melakukan penelitian terkait penyebabnya.

Baca juga: Tim Labfor Polri Hari Ini Diterjunkan untuk Ungkap Penyebab Kebakaran di Kilang Pertamina Balikpapan

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas