Tribun Bisnis

Calon Peserta Didik Vokasi Kemenperin Diingatkan untuk Ikuti Tes Tertulis Online, 25 dan 27 Mei

Sampai dengan saat ini, unit pendidikan Kemenperin memiliki 10 Politeknik, 2 Akademi Komunitas, dan 9 SMK yang tersebar di 11 provinsi

Penulis: Malvyandie Haryadi
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Calon Peserta Didik Vokasi Kemenperin Diingatkan untuk Ikuti Tes Tertulis Online, 25 dan 27 Mei
Dok Humas UNS Solo
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI), mengingatkan calon siswa dan mahasiswa yang mendaftar pendidikan vokasi Kemenperin, untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti ujian tertulis.

"Kami mengingatkan calon mahasiswa dan calon siswa, bahwa mereka harus mengikuti tes tertulis," kata Kepala BPSDMI Arus Gunawan di Jakarta hari ini, Selasa (24/5/2022).

Menurut Arus, ujian tulis pendaftar tingkat SMK akan dilaksanakan pada 25 Mei 2022.

Baca juga: Kamera Tidak Berfungsi Ketika Ujian TKD dan Core Values BUMN Berlangsung, Apa yang Mesti Dilakukan?

Sedangkan ujian tulis pendaftar Politeknik dan Akademi Komunitas dilaksanakan pada 27 Mei 2022 mendatang. Seluruh ujian akan dilaksanakan secara serentak dan daring melalui website Jarvis.kemenperin.go.id.

“Untuk mengetahui tata cara ujian tingkat SMK maupun Politeknik, peserta dapat memantau akun media sosial BPSDMI Kemenperin di Instagram, YouTube, maupun Facebook. Di situ dijelaskan secara lengkap dan detail. Semoga beruntung,” tambahnya.

JARVIS merupakan platform inovasi BPSDMI Kemenperin yang digunakan untuk melakukan proses seleksi penerimaan siswa dan mahasiswa baru secara daring di seluruh unit pendidikan di Kemenperin. JARVIS juga diluncurkan oleh Kemenperin sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan industri.

Baca juga: Kemenperin Tawarkan Pendidikan Vokasi untuk Lulusan SMA, SMK, Hingga SMP

Sampai dengan saat ini, unit pendidikan Kemenperin memiliki 10 Politeknik, 2 Akademi Komunitas, dan 9 SMK yang tersebar di 11 provinsi di Indonesia.

Seluruh unit pendidikan vokasi telah menerapkan pendidikan berbasis kompetensi yang bermitra dengan industri, baik dari proses perekrutan, kegiatan belajar, hingga penempatan kerja yang terserap oleh industri.

BPSDMI sendiri, secara resmi telah menutup JARVIS atau jalur Penerimaan Vokasi 2022 pada tanggal 20 Mei 2022 lalu.

Sampai dengan hari terakhir pendaftaran, sebanyak 12.710 calon siswa dan mahasiswa terpantau telah mendaftar melalui jalur penerimaan tersebut. Jumlah tersebut terdiri dari 9.588 orang untuk pendaftar Politeknik dan Akademi Komunitas, serta 3.122 orang untuk pendaftar tingkat SMK.

Baca juga: Pengamat Apresiasi Upaya Kemenperin Terapkan Sistem Manajemen K3 dalam Penyelenggaraan Vokasi

“Kami mengucapkan terima kasih atas antusiasme calon siswa maupun mahasiswa yang telah melakukan pendaftaran lewat JARVIS Bersama 2022. Hasil rekapan terakhir menunjukan jumlah pendaftar SMK, Politeknik dan Akademi Komunitas lewat JARVIS Bersama 2022 telah mencapai 12.710 orang,” ucap Arus.

"Bagi yang belum mendaftar, tidak usah khawatir, tahun depan JARVIS Bersama akan dibuka kembali,” imbuhnya.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas