Tribun Bisnis

Kopi Kenangan Gandeng SUNterra Operasikan Outlet Kedai Kopi Pertama Bertenaga Panel Surya

Selanjutnya kedai serupa direncanakan akan dibuka di tempat lain. Sebanyak 18 modul solar panel yang dipasang di atap kedai kopi

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Kopi Kenangan Gandeng SUNterra Operasikan Outlet Kedai Kopi Pertama Bertenaga Panel Surya
Choirul Arifin/Tribunnews.com
Kopi Kenangan Group bersama perusahaan panel surya SUNterra dan Grab mengoperasikan kedai kopi pertama dengan layanan drive thru yang ditenagai sepenuhnya oleh panel sel surya. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kopi Kenangan Group bersama perusahaan panel surya SUNterra dan Grab mengoperasikan kedai kopi pertama dengan layanan drive thru yang ditenagai sepenuhnya oleh panel sel surya.

Di atas atap kedai yang berlokasi di Jalan RC Veteran, Bintaro, Jakarta Selatan, ini, SUNterra memasang 18 modul panel surya. Energi listrik yang dipanen oleh panel-panel ini kemudian diubah dari tenaga listrik arus searah (DC) menjadi energi listrik arus dua arah (AC) dan selanjutnya digunakan untuk menjalankan mesin roasting kopi pesanan pelanggan dan menghidupkan lampu dan peranti elektronik di kedai ini.

Edward Tirtanata, CEO dan CO-Founder Kopi Kenangan menyatakan, kedai ini dihadirkan untuk menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni mendatang dan sudah beroperasi sejak 21 April 2022.

Baca juga: Incar Milenial, Pengembang di Bogor Sediakan Hunian Berfasilitas Solar Panel dan Sistem Smart Home

Selanjutnya kedai serupa direncanakan akan dibuka di tempat lain. Sebanyak 18 modul
solar panel yang dipasang di atap kedai kopi ini memiliki berat total mencapai 540 kg.

"Kita berkepentingan membangun outlet ini dengan effort lebih. Ini kita bangun dua lantai dengan konsep drive thru dengan dukungan solar panel dari SUNterra untuk mesin penggiling kopi.

Grab menjadi partner kita di pembukaan outlet ini karena memiliki sustainability yang sama dengan Kopi Kenangan. Kita ingin membangun outlet seperti ini lebih banyak lagi depannya," ujar Edward di acara peresmian, Selasa, 24 Mei 2022.

"Ini jadi first stepnya kita. Ke depan kita upayakan ada outlet lagi yang gunakan panel surya," imbuh Edward.

Fanda Soesilo, Chief Executive Officer SUNterra menjelaskan, modul panel surya di kedai ini dapat mengubah tenaga matahari menjadi arus listrik yang digunakan mesin kopi sehingga setiap gelas yang disuguhkan kepada pelanggan dihasilkan oleh energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Baca juga: Pasang Panel Surya, Impack Pratama Klaim Hemat Biaya Listrik Rp 1,1 Miliar

"Output energi tenaga surya yang dihasilkan mencapai 8 kilowatt peak atau setara dengan 30.000 volt Ampere. Sel surya ini digunakan untuk seluruh kebutuhan energi di outlet ini, namun 70 persen daya listriknya digunakan untuk mesin kopi," ujarnya.

SUNterra merupakan perusahaan pengembang proyek solar panel berbasis digital bagi sektor residensial, sosial, dan komersial dengan membawa misi peningkatan akses pemanfaatan energi matahari yang seluas-luasnya bagi setiap orang.

“Kami mendukung dan mengapresiasi setiap langkah yang dilakukan oleh para pelaku usaha untuk beralih ke energi bersih dan terbarukan.

Penggunaan energi matahari sebagai sumber energi listrik dalam proses produksi merupakan bentuk kontribusi nyata yang menjadi salah satu solusi pengurangan dampak perubahan iklim.

Harapan kami, instalasi solar panel di gerai ini bisa menjadi inspirasi bagi perusahaan lainnya untuk segera beralih memanfaatkan energi bersih yang berkelanjutan,” imbuh Fanda Soesilo.

Iki Sari Dewi, Director of Jabodetabek, Grab Indonesia mengatakan, keterlibatan Grab di kerjasama ini karena dilandasi keyakinan bahwa perusahaan teknologi dapat berkontribusi untuk memberikan dampak berkelanjutan dalam bidang ekonomi dan lingkungan.

"Grab sangat bersemangat dapat mendukung proyek ini bersama dengan Kopi Kenangan dan SUNterra untuk menjangkau lebih banyak konsumen dan mengajak mereka untuk ikut dalam gaya hidup yang lebih ramah lingkungan,” ujar Iki Sari Dewi.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas