Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Balas Aksi Barat, Gazprom Usul Penggunaan Rubel Diperluas ke Jual-beli LNG

Gazprom mengusulkan penggunaan mata uang rubel yang lebih luas untuk transaksi penjualan gas Rusia lewat pipa dan gas alam cair (LNG).

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Balas Aksi Barat, Gazprom Usul Penggunaan Rubel Diperluas ke Jual-beli LNG
Andrey Rudakov?Bloomberg
Pipa Gazprom di Distrik Lensk, Rusia. Gazprom mengusulkan penggunaan mata uang rubel yang lebih luas untuk transaksi penjualan gas Rusia lewat pipa dan gas alam cair (LNG) kepada Pemerintah Rusia. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, MOSKWA – Raksasa gas Rusia, Gazprom, telah mengusulkan perluasan penggunaan mata uang rubel untuk transaksi penjualan gas Rusia lewat pipa dan gas alam cair (LNG).

Dilansir dari Reuters, Selasa (5/7/2022) usulan tersebut diajukan oleh Kirill Polous, Wakil Kepala Departemen di Gazprom setelah Rusia bergerak merebut operasi kilang LNG Sakhalin-2 pekan lalu sebagai aksi balasan atas sanksi Barat ke Rusia.

Perintah yang ditandatangani oleh Presiden Rusia Vladimir Putin, nantinya akan menciptakan perusahaan baru yang dapat mengambil alih semua hak dan kewajiban Sakhalin Energy Investment Co.

Sementara itu, perusahaan energi Shell dan perusahaan perdagangan Jepang Mitsui serta Mitsubishi hanya memegang kurang dari 50 persen Sakhalin Energy.

Rusia menyumbang sekitar 8 persen dari pasokan LNG global dengan 40 miliar meter kubik gas super-cooled per tahun, yang sebagian besar berasal dari Sakhalin-2 dan Yamal LNG milik Novatek, kilang LNG terbesar di Rusia.

Pada bulan Maret, Putin mengatakan produsen gas alam terbesar di dunia akan meminta “negara-negara yang disebutnya tidak ramah” untuk membayar gas pipa dalam rubel.

Baca juga: Di Tengah Ramainya Sanksi Barat, Rubel Rusia Jadi Mata Uang dengan Kinerja Terbaik Tahun Ini

BERITA TERKAIT

Sejumlah klien terbesar Gazprom di Eropa mulai menghentikan pasokan gas dari perusahaan itu setelah menolak mematuhi aturan baru.

"Ini adalah masalah koordinasi ekspor pipa gas dan LNG," kata Polous, menambahkan bahwa ada persaingan valuta asing antara gas pipa yang dijual dalam rubel dan LNG yang dikenakan pajak dalam dolar.

Baca juga: Rubel Makin Perkasa, Menguat 52 Terhadap Dolar ke Level Tertinggi Sejak Mei 2015

Tidak seperti penjualan gas perpipaannya, sebagian besar LNG Rusia dikonsumsi di Asia. Sedangkan di Eropa, Spanyol menjadi salah satu konsumen LNG Rusia.

Menurut layanan pajak negara, Rusia tahun lalu memperoleh 7,3 miliar dolar AS dari ekspor LNG, sedangkan dari ekspor gas pipa, Rusia menerima 55,5 miliar dolar AS.

Baca juga: Rubel Rusia Terus Menguat di Tengah Invasi, Tembus 55,75 Terhadap Dolar AS

Sebelum konflik baru-baru ini di Ukraina, yang disebut Moskow sebagai 'operasi militer khusus', Rusia telah merencanakan untuk memproduksi sebanyak 140 juta ton LNG pada tahun 2035, atau seperempat dari ekspor LNG global saat ini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas