Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Bank Indonesia Prediksi Inflasi 2022 Tembus 4,5 Persen, Ini Penyebabnya

Tingkat inflasi 4,35 persen di Juni 2022 merupakan yang tertinggi sejak 5 tahun ke belakang.

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Bank Indonesia Prediksi Inflasi 2022 Tembus 4,5 Persen, Ini Penyebabnya
TRIBUNNEWS/SYAHRIZAL SIDIK
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan laju inflasi kemungkinan naik lebih tinggi tahun ini seperti diindikasikan dari laju inflasi bulan Juni 2022 yang mencapai 4,35 persen. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memprediksi laju inflasi dengan mengacu pada Indeks Harga Konsumen (IHK) nasional di 2022 akan di kisaran 4,5 persen.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan lonjakan inflasi di tahun ini sudah terlihat dari tingginya inflasi pada Juni 2022 yang tercatat 4,35 persen secara tahun ke tahun (Juni 2022 terhadap Juni 2021).

Sebagai informasi, tingkat inflasi di Tanah Air sebesar 4,35 persen di Juni 2022 merupakan yang tertinggi sejak 5 tahun ke belakang.

Perry kembali melanjutkan, melonjaknya IHK pada Juni 2022 diakibatkan oleh kenaikan harga pangan sebagai dampak dari harga pangan di pasar global yang meningkat, dan juga diakibatkan adanya gangguan mata rantai pasokan.

“Dengan perkembangan harga komoditas dunia yang terus naik, disinilah kami perkirakan inflasi tahun ini bisa lebih tinggi dari 4,2 persen, bisa mencapai  4,5 atau 4,6 persen,” ucap Perry, (22/7/2022).

“Itu inflasi untuk IHK. Karena adanya kenaikan harga pangan dan energi yang tidak disubsidi pemerintah,” sambungnya.

Baca juga: Target Inflasi Inti Masih Sesuai Sasaran Jadi Alasan BI Enggan Kerek Suku Bunga

BERITA TERKAIT

Untuk inflasi inti, Bank Indonesia menyebut masih akan tetap terjaga sebesar 2,63 persen secara year on year, didukung oleh konsistensi kebijakan Bank Indonesia dalam menjaga ekspektasi inflasi.

“Ke depan, tekanan inflasi IHK diprakirakan meningkat, didorong oleh kenaikan harga energi dan pangan global. Inflasi IHK pada 2022 diprakirakan lebih tinggi dari batas atas sasaran, dan kembali ke dalam sasaran 3,0 persen pada 2023,” papar Perry.

Baca juga: Agar Tak Picu Inflasi, Jokowi Minta Jaga Stok Gula Nasional

“Bank Indonesia juga terus memperkuat koordinasi kebijakan dengan Pemerintah melalui Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah (TPIP dan TPID),” pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas