Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pemerintah Diminta Perhatikan Aspek Risiko Sebelum Kekayaan Intelektual Dijadikan Jaminan Kredit

Segala macam hak cipta karya intelektual seperti film, lagu, lukisan dan industri kreatif lainnya bisa dijaminkan ke bank sebagai bagian proses utang

Penulis: Yanuar Riezqi Yovanda
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Pemerintah Diminta Perhatikan Aspek Risiko Sebelum Kekayaan Intelektual Dijadikan Jaminan Kredit
net
Ilustrasi penyaluran kredit. Indonesia akan menjadi negara yang pertama atau pionir dalam penerapan kebijakan terkait kekayaan intelektual bisa dijadikan sebagai jaminan kredit perbankan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia akan menjadi negara yang pertama atau pionir dalam penerapan kebijakan terkait kekayaan intelektual bisa dijadikan sebagai jaminan kredit perbankan. 

External Faculty Member bidang Sustainable Finance Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Rizky Wisnoentoro mengatakan, sebelum membuat aturan turunan, lebih baik pemerintah dan pemangku kepentingan terkait memperhatikan aspek risiko karena belum pernah ada sebelumnya di negara manapun. 




"Yang terpenting perlu perencanaan, piloting, dan mitigasi risiko yang lebih matang sebelum wacana ini dijalankan. Kemudian, perlu didorong pula untuk tercipta kestabilan pendapatan dari karya-karya intelektual tersebut," ujarnya melalui pesan singkat kepada Tribunnews.com, ditulis Selasa (2/8/2022).

Baca juga: Stafsus Menkumham Sosialisasikan Manfaat Sertifikat Kekayaan Intelektual untuk Ekonomi Kreatif

Selain itu dalam industri ekonomi kreatif secara luas, industri dinilai perlu lebih dikembangkan, sehingga pendapatannya lebih stabil. 

Kemudian untuk tahap awal, lebih bijaksana ketika royalti dari karya ilmiah misalnya hanya dapat menjadi agunan tambahan ke bank, bukan jaminan utama atau satu-satunya.

"Tetapi, ketika sudah mulai terjadi kestabilan pendapatan bagi para pelaku pasar, bank mulai dapat mengembangkan prosedur unsecured loan ke arah ini," kata Rizky. 

BERITA TERKAIT

Lebih lanjut, menurutnya cara menggenjot penyaluran kredit dengan model baru seperti jaminan kekayaan intelektual ini memang tinggal menunggu waktu, dan tetap bisa menyesuaikan dengan bisnis utama dari bank yang sanggup melakukannya.

Baca juga: BCA Masih Pelajari Aspek Legal Produk Kekayaan Intelektual Jadi Jaminan Kredit ke Bank

"Tetap dapat dijalankan dengan core business yang ada dari setiap bank. Tetapi, dunia perbankan pun perlu mulai beradaptasi dengan hal-hal semacam ini, yang mungkin tidak pernah terbayangkan contoh sebelumnya," pungkasnya.

Lagu hingga Lukisan Bisa Jadi Jaminan Utang

Pemerintah menerbitkan peraturan Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ekonomi Kreatif. Peraturan Pemerintah (PP) tersebut diteken oleh Presiden Joko Widodo pada 12 Juli 2022. 

Dengan munculnya aturan tersebut setelah satu tahun diundangkan maka nantinya segala macam hak cipta karya intelektual seperti film, lagu, lukisan dan industri kreatif lainnya bisa dijaminkan ke bank sebagai bagian proses utang.

Dikutip dari salinan pasal 4 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ekonomi Kreatif pemerintah memfasilitasi jaminan utang berbasis kekayaan intelektual melalui lembaga keuangan bank dan lembaga keuangan non bank bagi pelaku ekonomi kreatif.

Ada 17 subsektor ekonomi kreatif yang bisa dijadikan jaminan utang ke bank.

Baca juga: Bonge Tak Paham Soal Pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual Merek Citayam Fashion Week

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas