Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Konsisten Bantu Biaya Operasi Bibir Sumbing, Perusahaan Ini Kembali Salurkan Dana Senilai 280 Juta

Kondisi kelainan ini membuat sebagian besar dari anak-anak penderita bibir sumbing menjadi kesulitan untuk makan dan berbicara dengan benar

BizzInsight
zoom-in Konsisten Bantu Biaya Operasi Bibir Sumbing, Perusahaan Ini Kembali Salurkan Dana Senilai 280 Juta
Shutterstock
Ilustrasi anak penderita bibir sumbing. 

TRIBUNNEWS.COM - Celah bibir dan/atau langit-langit (bibir sumbing) merupakan kondisi cacat bawaan lahir akibat jaringan rahang dan hidung yang tidak menyatu secara sempurna.

Kondisi kelainan ini membuat sebagian besar dari anak-anak penderita bibir sumbing menjadi kesulitan untuk makan dan berbicara dengan benar, bahkan seringkali membuat penderita kesulitan untuk bersekolah dan bergaul di tengah masyarakat.

Di Indonesia, kasus bibir sumbing dan celah bibir pada bayi yang baru lahir terus terjadi. Namun, fakta menunjukan bahwa di Indonesia penderita sumbing bibir dan langit-langit kebanyakan berasal dari keluarga kurang mampu.

Maka dari itu, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk kembali menyalurkan Bantuan Operasi Sumbing Bibir senilai Rp 280.000.000,- (Dua Ratus Delapan Puluh Juta Rupiah) untuk 40 pasien penderita sumbing bibir di wilayah Tangerang dan sekitarnya.

Operasi Sumbing Bibir Gratis ini dilaksanakan dengan menggandeng Smile Train Indonesia di RS Selaras, Cisauk, Tangerang, Sabtu (6/8/2022). Secara simbolis, bantuan diserahkan oleh Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat kepada Country Manager and Program Director Smile Train Indonesia Deasy Larasati disaksikan Direktur PT Bintara Arnirah Saraswati selaku pemilik RS Selaras.

Country Manager and Program Director Smile Train Indonesia Deasy Larasati menerangkan, hari ini akan dilakukan operasi terhadap 10 anak. Namun, total yang akan dioperasi 40 orang.

"Ini adalah salah satu bentuk sosial luar biasa karena tidak hanya membantu tapi memberikan mereka masa depan yang lebih baik," imbuhnya.

BERITA TERKAIT

Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat mengatakan bahwa bantuan operasi sumbing bibir gratis bukan baru pertama kali dilaksanakan oleh Sido Muncul. Sido Muncul telah melakukan operasi sumbing bibir gratis sebanyak tujuh kali sejak tahun 2018 yang diselenggarakan di beberapa wilayah di Indonesia.

Dengan hadirnya kerja sama ini, Irwan pun menuturkan sesuatu hal yang dikerjakan bersama-sama akan lebih mudah. Termasuk kolaborasi untuk membantu orang yang tengah kesulitan.

Dalam kesempatan tersebut, Irwan Hidayat juga menjelaskan bahwa bantuan operasi bibir gratis ini telah konsisten dilakukan Sido Muncul sejak tahun 2018 dan telah dilaksanakan sebanyak tujuh kali di beberapa wilayah di Indonesia.

dok. Sido Muncul - Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat pada penyerahan Bantuan Operasi Sumbing Bibir di RS Selaras, Cisauk, Tangerang, Sabtu (6/8/2022).
dok. Sido Muncul - Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat pada penyerahan Bantuan Operasi Sumbing Bibir di RS Selaras, Cisauk, Tangerang, Sabtu (6/8/2022). (dok. Sido Muncul)

"Kami pernah melakukan baksos ini di RS ST Carolus Borromeus, Kupang Nusa Tenggara Timur sebanyak dua kali, RSUD Dolok Sanggul Sumatera Utara, RS Sari Asih Serang Banten, RSUD Surodadi Tegal, dan RSI Wonosobo Jawa Tengah. Total pasien yang telah dioperasi adalah 142 pasien," ujar Irwan Hidayat di RS Selaras, Cisauk, Tangerang, Sabtu (6/8/2022).

Irwan berharap operasi yang akan dilakukan para penerima bantuan dapat berjalan lancar dan mereka dapat kembali tersenyum serta meningkatkan kepercayaan diri dalam bersosialisasi.

Di kesempatan tersebut, Irwan juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang berperan untuk mensukseskan operasi bibir sumbing. Terutama terhadap tenaga kesehatan.

"Hari ini kita bisa bersama-sama Smile Train, pihak rumah sakit, dokter, perawat, saya ucapkan banyak terima kasih, karena melakukan operasi ini adalah kesempatan untuk ikut membantu masyarakat yang membutuhkan," tutur Irwan.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Direktur PT Bintara Arnirah Saraswati selaku pemilik RS Selaras pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada Sido Muncul atas kepercayaan kepada pihaknya.

Terlebih, kerja sama ini juga bukan pertama kalinya karena Sido Muncul juga sudah sering melakukan bantuan kemanusian seperti bantuan operasi katarak.

"Terima kasih atas kepercayaan Sido Muncul, bukan pertama kali, karena sering baksos katarak," ujar Saraswati.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas