Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pertalite Langka, Energy Watch: Disebabkan Disparitas Harga

Saat ini terjadi peningkatan jumlah pengguna BBM jenis Pertalite hampir di  seluruh wilayah.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Pertalite Langka, Energy Watch: Disebabkan Disparitas Harga
Istimewa
SPBU 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan melihat penyebab Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite langka, karena adanya disparitas harga.

Mamit berujar, saat ini terjadi peningkatan jumlah pengguna BBM jenis Pertalite hampir di  seluruh wilayah. Bukan hanya di wilayah Bogor atau Jakarta, yang saat ini disebut terjadi kelangkaan.

"Hal ini terjadi karena disparitas harga yang cukup tinggi antara Pertalite dengan BBM umum lainnya," ujar Mamit saat dihubungi Tribunnews, Rabu (10/8/2022).

Baca juga: Pertamina Ungkap Penyebab BBM Jenis Pertalite Langka di Wilayah Bogor

Selain itu, ucap Mamit kondisi bahwa Pertalite merupakan Jenis BBM Tertentu (JBT) sehingga memang ada kouta jumlahnya.

"Sehingga dalam pendistribusiannya berdasarkan jumlah kouta yang ada," kata Mamit.

Mamit menyarankan agar Pertamina mengoptimalkan depo yang ada untuk beroperasi selama 24 jam agar pasokan tidak terganggu seperti saat ini terutama daerah yang konsumsinya mengalami peningkatan signifikan.

BERITA REKOMENDASI

"Langkah yang perlu dilakukan saya kira penambahan kouta JBT sebanyak 3.5-5 juta KL agar bisa aman sampai akhir tahun," tutur Mamit.

Selain itu, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan dinilai perlu mengambil sikap untuk menyetujui penambahan kouta yang diusulkan Komisi VII dan Eementerian ESDM dalam rapat kerja yang diadakan pada tanggal 13 April 2022.

Sebelumnya, sulitnya mendapatkan BBM jenis Pertalite di sejumlah SPBU di Bogor mulai dirasakan para pengguna kendaraan bermotor. Khususnya bagi pengendara sepeda motor yang memiliki mobilitas tinggi, salah satunya seperti pekerja kurir paket di Bogor, Soni (22).

"Ada sering (menemukan SPBU kehabisan stok BBM). Kebanyakan daerah kota, kabupaten juga ada," kata Soni kepada TribunnewsBogor.com, Selasa (9/8/2022).

Dia juga mengatakan bahwa memang jenis BBM yang sering kehabisan adalah Pertalite. Menurut Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan, kelangkaan terjadi lantaran adanya peningkatan permintaan pada akhir pekan.

Baca juga: Ekonom Sarankan Pertalite Hanya untuk Motor dan Angkutan Umum

"Untuk posisi saat itu sedang menunggu pengiriman karena pada saat weekend kemaren ada peningkatan konsumsi BBM," ujar Eko saat dihubungi Tribunnews, Selasa (9/8/2022).

Eko memastikan, untuk stok BBM semua produk ada dalam posisi aman dan saat ini produk Pertalite tersedia di SPBU.

"Pelayanan pembelian Pertalite dan produk Pertamina yang lain di SPBU tetap seperti biasa," tutur Eko.

Eko mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan BBM berkualitas dan ramah lingkungan, serta yang sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan.

"Apabila masyarakat membutuhkan informasi mengenai produk dan layanan dapat menghubungi call center 135," imbuh Eko. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas