Tribun Bisnis

Tingkatkan Kemampuan Tenaga Kesehatan, Eka Hospital Group Gandeng Cedars Sinai Hospital

Guna meningkatkan kemampuan tenaga kesehatan dalam penanganan kegawatdaruratan, Eka Hospital Group menggandeng Cedars Sinai

Penulis: Lita Febriani
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Tingkatkan Kemampuan Tenaga Kesehatan, Eka Hospital Group Gandeng Cedars Sinai Hospital
istimewa
Eka Hospital Group bekerja sama dengan Cedars Sinai Hospital, Los Angeles, California. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Guna meningkatkan kemampuan tenaga kesehatan dalam penanganan kegawatdaruratan, Eka Hospital Group menggandeng Cedars Sinai Hospital asal Los Angeles, California, Amerika Serikat.

Periode kerja sama antara Eka Hospital dan Cedars Sinai Hospital akan berlangsung selama tiga tahun.

Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Dante Saksono Harbuwono, mengatakan tugas yang diamanahkan oleh Presiden kepada Kementrian Kesehatan adalah melakukan transformasi sistem kesehatan nasional, yang meliputi transformasi, diantaranya program berupa kerja sama dengan rumah sakit terbaik dunia.

"Kementerian Kesehatan merasa bangga atas terjalinnya hubungan baik antara Eka Hospital dengan Cedars Sinai Hospital. Saya berharap dengan kerjasama ini bisa mendorong pelayanan rumah sakit Indonesia baik rumah sakit swasta maupun pemerintah, agar bisa setara dengan rumah sakit luar negeri. Tidak hanya untuk melayani pasien dalam negeri, tetapi juga menarik pasien luar negeri," tutur Dante dalam keterangan resmi, Rabu (24/8/2022.

Sementara itu, Chief Operation Officer (COO) Eka Hospital Group Rina Setiawati, menjelaskan kegiatan ini merupakan langkah awal terjalinnya kerja sama antara kedua institusi dalam bidang quality improvement dengan berbagai aspek pelayanan di rumah sakit, terutama pada Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan penanganan pasien dalam kondisi gawat dan darurat.

Baca juga: Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Online Melalui Ponsel: Pakai Aplikasi JKN Mobile Tanpa Antre Lama

"Eka Hospital ingin memberikan yang terbaik bagi Indonesia terutama dalam bidang kesehatan. Dalam kerja sama ini nantinya akan ada transfer pengetahuan dan pengalaman dari Cedars Sinai Hospital," ungkap Rina.

Managing Director Sinar Mas Saleh Husin, menyebut kualitas layanan Eka Hospital terus ditingkatkan seiring dengan kemajuan teknologi kedokteran yang ada.

"Peningkatan kemampuan tenaga kesehatan harus selalu ditingkatkan, sesuai dengan perkembangan teknologi yang terjadi. Meskipun begitu sentuhan kemanusiaan juga tetap nomor satu. Kerja sama antara dua negara saya rasa penting untuk mempererat hubungan secara langsung di bidang kesehatan," ucap Saleh Husin.

Cedars Sinai Hospital dikenal sebagai pusat ilmu kesehatan akademik multispesialis karena telah melatih para profesional medis lebih dari 80 residensi, serta menyediakan beasiswa di bidang khusus dan subspesialisasi serta program pascasarjana.

Tak hanya itu, Cedars Sinai dinobatkan sebagai Rumah Sakit Terbaik Amerika oleh US News & World Report secara konsisten, serta menempati urutan ke-2 di California dan telah melayani di bidang kesehatan selama 100 tahun.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas