Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pamsimas Buka Akses Air Minum ke 24,5 Juta Warga di 35.928 Desa dan Kelurahan

Program Pamsimas dilaksanakan sejak 2008 dan kini telah menambah 24,5 juta akses air minum masyarakat di 35.928 desa/kelurahan pada 408 kabupaten/kota

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Pamsimas Buka Akses Air Minum ke 24,5 Juta Warga di 35.928 Desa dan Kelurahan
Tribunnews/Dennis
Sekjen Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah di acara pertemuan Wrap Up Pamsimas di Jakarta, Senin (29/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyampaikan, Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dalam mengakses air minum berkualitas baik.

Sekretaris Jenderal PUPR Mohammad Zainal Fatah menyampaikan hal tersebut dalam acara pertemuan Wrap Up Pamsimas bertema "Air Milik Kita Bersama" di Jakarta, Senin (29/8/2022).

"Saya merasa senang karena program Pamsimas telah memberikan manfaat bagi masyarakat berupa kemudahan dalam mengakses air minum dan tersedianya kualitas air yang lebih baik," ujar Zainal.

Ia menjabarkan, Program Pamsimas dilaksanakan sejak 2008 dan kini telah menambah 24,5 juta akses air minum masyarakat di 35.928 desa/kelurahan pada 408 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Jumlah tersebut, ucap Zainal, akan terus bertambah seiring dengan pelaksanaan kegiatan Pamsimas yang masih berlanjut.

"Pelaksanaan Pamsimas tentunya memerlukan dukungan, komitmen, kerjasama, dan kolaborasi yang baik dari para pemangku kepentingan terkait sesuai peran dan kewenangannya, baik di tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota, sampai dengan desa," ucap Zainal.

Baca juga: SPAM Wae Mese II Diresmikan, Kebutuhan Air Minum Masyarakat Labuan Bajo Diharapkan Tercukupi

BERITA REKOMENDASI

Sebab, ucap Zainal, Indonesia berkomitmen untuk mendorong terwujudnya pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) ke-6.

"Menjamin Ketersediaan serta Pengelolaan Air Bersih dan Sanitasi yang Berkelanjutan untuk Semua melalui penyediaan akses air minum dan sanitasi yang layak dan aman," kata Zainal.

Baca juga: Wapres: Kita Masih Harus Kerja Keras Wujudkan Akses Air Minum dan Sanitasi Aman Berkelanjutan

Zainal menerangkan, dalam Rencana Strategis Kementerian PUPR 2020-2024, dinyatakan bahwa tujuan pembangunan infrastruktur permukiman adalah meningkatnya pemenuhan infrastruktur permukiman yang layak dan aman dengan target 100 persen akses air minum layak dan 90 persen akses terhadap sanitasi.

"Pemerintah berupaya untuk tetap menyediakan layanan akses air minum dan sanitasi yang sejalan dengan penyediaan lapangan kerja dan mempertahankan daya beli masyarakat," tutur Zainal.

 
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas