Tribun Bisnis

Pengamat Kebijakan Publik Sebut Pertamina Sukses Lakukan Perubahan Lewat Penghematan Rp6 Triliun

- Pengamat kebijakan publik, Trubus Rahardiansyah mengapresiasi penghematan anggaran yang dilakukan Pertamina hingga mencapai Rp6 triliun.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Pengamat Kebijakan Publik Sebut Pertamina Sukses Lakukan Perubahan Lewat Penghematan Rp6 Triliun
Istimewa
Hingga Juli 2022, Pertamina sukses menghemat biaya operasional sekitar Rp6 Triliun. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat kebijakan publik, Trubus Rahardiansyah mengapresiasi penghematan anggaran yang dilakukan Pertamina hingga mencapai Rp6 triliun.

Dia menilai penghematan itu membuktikan Pertamina telah melakukan perubahan tata kelola yang lebih baik.

“Efisiensi itu berarti Pertamina banyak melakukan perubahan tata kelola yang lebih efisien,” kata Trubus dalam keterangan yang diterima, Selasa (30/8/2022).

Baca juga: Di Tengah Tantangan Global, Pertamina Sukses Hemat Anggaran Sekitar Rp6 Triliun

Terkait hal itu, Trubus menilai, bahwa Pertamina bisa mempertahankan kinerja positifnya, dalam mendapat keuntungan dan penghematan.

Dia juga mengatakan Pertamina bisa mengoptimalkan anggaran yang tersedia untuk mencari sumur baru yang memang membutuhkan anggaran yang tidak sedikit.

Lebih lanjut, Trubus mengatakan, penghematan yang dilakukan Pertamina juga sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir.

“Kebijakannya (Erick Thohir) fokus pada memberi profit,” ujar Trubus.

“Saya lihat ada benang merah, linier, korelatif, antara kebijakan Erick Thihir dengan Pertaminas. Banyak eksekusi yang dilakukan Pertamina memberikan hasil yang besar,” sambungnya.

Diketahui, PT Pertamina (Persero) berhasil menghemat biaya operasional sekitar Rp6 triliun di tengah naiknya biaya produksi Bahan Bakar Minyak (BBM) akibat terkerek harga minyak dunia yang meninggi.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati menuturkan keberhasilan itu tak lepas dari langkah strategis penghematan biaya yang dilakukan Pertamina Group sejak awal 2022.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas