Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Valuasi IPO Porsche Dongkrak Saham Volkswagen hingga 1,3 Persen  

Periode IPO akan dimulai pada 20 September 2022, dengan rencana awal perdagangan pada 29 September 2022 di Bursa Efek Frankfurt.

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Valuasi IPO Porsche Dongkrak Saham Volkswagen hingga 1,3 Persen  
Motor1
Logo Volkswagen. Saham perusahaan otomotif Jerman Volkswagen AG naik 1,3 persen pada awal perdagangan hari ini, Senin (19/9/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni
 
TRIBUNNEWS.COM, BERLIN - Saham perusahaan otomotif Jerman Volkswagen AG naik 1,3 persen pada awal perdagangan hari ini, Senin (19/9/2022).

Kenaikan ini terjadi setelah Volkswagen mengatakan pada hari Minggu (18/9/2022), pihaknya mengincar dana segar sebesar 9,4 miliar euro dan menargetkan valuasi hingga 75 miliar euro dari penawaran umum perdana (IPO) anak usahanya, Porsche AG.

Aksi tersebut bisa menjadi IPO terbesar ketiga di Eropa jika target harga tertinggi tercapai, menurut data Refinitiv.

Baca juga: Pertamina Geothermal Dikabarkan Akan Lakukan IPO Pada Oktober, Bakal Lepas 25 Persen Modal

Dikutip dari Reuters, harga saham Volkswagen diperdagangkan di level 147,38 euro pada pukul 07:27 GMT.

Saham perusahaan ini telah naik 3 persen dalam perdagangan premarket hari ini. Sementara saham Porsche Holding SE, pemegang saham terbesar Volkswagen, naik 2,7 persen, melampaui indeks blue-chip DAX Jerman.  

Volkswagen mengumumkan pada Minggu malam, mereka akan menetapkan harga saham preferen di flotasi Porsche AG pada 76,50 euro hingga 82,50 euro per saham.

Sebuah prospektus dengan rincian lebih lanjut mengenai listing diharapkan akan diterbitkan sore ini.

BERITA TERKAIT

Sejalan dengan kesepakatan Volkswagen sebelumnya pada bulan September dengan Porsche SE, 25 persen ditambah satu saham biasa Porsche, yang memiliki hak suara, akan diberikan kepada Porsche SE dengan harga saham preferen ditambah premi 7,5 persen.

Baca juga: TAYS Raup Pendapatan Rp 315,9 Miliar Pasca IPO

Porsche SE akan membiayai akuisisi saham biasa dengan modal utang hingga 7,9 miliar euro, kata Volkswagen dalam pernyataan terpisah.

Total hasil penjualan akan menjadi 18,1 miliar hingga 19,5 miliar euro. Setelah IPO berjalan, Volkswagen akan mengadakan rapat pemegang saham luar biasa pada bulan Desember.

Dalam rapat tersebut perusahaan ini akan mengusulkan untuk membayar 49 persen dari total hasil kepada pemegang saham pada awal tahun 2023 sebagai dividen khusus.

Periode IPO akan dimulai pada 20 September 2022, dengan rencana awal perdagangan pada 29 September 2022 di Bursa Efek Frankfurt.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas